Epistemologi tafsir ayat al-Ahkam karya Manna' Khalil Al Qattan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chairie, Izzat (2024) Epistemologi tafsir ayat al-Ahkam karya Manna' Khalil Al Qattan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzat Chairie_07010320015 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Izzat Chairie_07010320015 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Tafsir Ayat Al-Ahkam karya Manna’ Khalil al-Qattan merupakan salah satu karya fenomenal yang saat ini belum tersentuh dalam dunia keilmuan al-Qur’an dan tafsir. Dapat dikatakan masih sedikit yang mengetahui karya tafsir ini yang dimana Manna’ Khalil al-Qattan hanya membuatnya dalam lingkup dunia kampus Arab Saudi saja, yaitu tidak lain sebagai buku panduan bagi mahasiswa di King Saud University. Belum lagi Manna’ Khalil al-Qattan yang mempunyai ciri khas penafsiran berbeda dengan tafsir ahkam pada umumnya. Salah satunya ialah pada kesederhanan penjelasan dan topik-topik yang disusun olehnya. Karena tergolong baru epistemologi menjadi salah satu pisau bedah yang dapat digunakan dalam menemukan kriteria sumber, metode, dan validitas pada penafsiran yang dilakukan oleh Manna’ Khalil al-Qattan dengan melihat sejauh mana tafsir ini dapat dikatakan sebagai tafsir, sesuai atau tidak dengan kaidah ilmu pengetahuan dalam tafsir pada umumnya, dan melihat serta menganalisis apakah dapat dipertanggung jawabkan penafsiran yang dilakukan. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana sumber penafsiran yang digunakan oleh Manna’ Khalil al-Qattan dalam Tafsir Ayat Al-Ahkam 2) Bagaimana metode penafsiran yang dilakukan Manna’ Khalil al-Qat}t}an pada kitabnya Tafsir Ayat Al-Ahkam 3) Bagaimana validitas penafsiran yang diterapkan Manna’ Khalil al-Qattan dalam Tafsir Ayat Al-Ahkam. Menjawab permasalahan tersebut digunakan model penelitian kualitatif berbasis library research (kepustakaan) menggunakan metode deskriptif-analitis dengan pendekatan epistemologi pada ilmu filsafat. Pendekatan epistemologi digunakan dengan memuat pada tiga komponen di dalamnya yaitu sumber, metode, dan validitas yang dalam hal ini tentu mengacu pada karya tafsir Tafsir Ayat Al-Ahkam karya Manna’ Khalil al-Qattan. Pada kajian validitas akan digunakan tiga komponen analisis yaitu mengenai teori koherensi, korespondensi, dan pragmatis. Hasil yang didapat dalam penelitian ini bahwa tafsir Tafsir Ayat Al-Ahkam karya Manna’ Khalil al-Qatt}an menggunakan dua sumber penafsiran yang sama kuat baik dari segi bil ra’yi maupun ma’thur nya. Metode yang digunakan ialah pada jenis maudu’i sebab terlihat dalam beberapa hal yaitu: pemilihan surat-surat yang akan ditafsirkan, penampilan topik-topik atau tema-tema yang dikandung dalam suatu ayat, dan tidak secara keseluruhan menampilkan dan menafsirkan ayat-ayat dalam surah tersebut. Kemudian validitas penafsiran memenuhi kriteria pada teori koherensi dengan melihat bahwa penafsiran yang dilakukan sesuai dengan preposisi-preposisi yang ada, korespondensi dengan melihat penafsiran yang dilakukan dalam beberapa ayat memiliki fakta ilmiah dan sesuai dengan yang terjadi di lapangan, dan pragmatis melihat bahwa penafsiran yang dilakukan memberikan berbagai macam solusi bagi permasalahan umat manusia khususnya dalam menjawab permasalahan mengenai hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chairie, Izzatizzatchairie@gmail.com07010320015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsby.ac.id2004039001
Subjects: Hukum Islam
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Epistemologi; tafsir ayat al-Ahkam; Manna' Khalil al-Qattan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Izzat Chairie
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:36
Last Modified: 01 Feb 2024 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68120

Actions (login required)

View Item View Item