Pengaruh tingkat kesehatan melalui pendekatan metode RGEC (Risk profile, Good corporate governance, Earning, Capital) terhadap implementasi green banking pada PT BCA Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliyah, Masyita (2024) Pengaruh tingkat kesehatan melalui pendekatan metode RGEC (Risk profile, Good corporate governance, Earning, Capital) terhadap implementasi green banking pada PT BCA Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masyita Auliyah_08040420137 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Masyita Auliyah_08040420137.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tingkat kesehatan bank termasuk hal yang penting untuk penilaian bank, termasuk dalam kategori sehat atau bahkan sangat sehat, dilihat dari latar belakang masalah bahwa terdapat fenomena sebelum dan setelah adanya pandemi Covid-19 PT BCA Syariah mengalami penurunan laba. Oleh sebab itu, pentingnya penilaian tingkat kesehatan bank dan dijaga dengan baik untuk peningkatan rasa kepercayaan masyarakat. Kemudian dengan hal tersebut bank juga memanfaatkan perkembangan teknologi sehingga kegiatan operasionalnya dilakukan secara otomatis, misalnya dengan adanya Mobile Banking yang termasuk salah satu faktor pendukung terhadap ramah lingkungan. Menurut Ipsos, bahwa Indonesia termasuk negara yang mengambil perubahan iklim ekstrim. Sehingga dengan menguatnya permasalahan tersebut, sektor perbankan melakukan suatu transformasi dalam kegiatan operasionalnya melalui konsep green banking sebagai upaya untuk mengutamakan pemenuhan keberlanjutan dikegiatan operasionalnya. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah tingkat kesehatan PT Bank Central Asia Syariah berdasarkan metode RGEC pada tahun 2018-2022. (2) Apakah tingkat kesehatan melalui metode RGEC dengan rasio NPF, GCG, ROA, CAR, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap implementasi Green Banking pada PT BCA Syariah tahun 2018-2022. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh empat rasio RGEC (NPF, GCG, ROA, CAR) terhadap implementasi green banking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sejumlah 60, dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 22 untuk pengolahan data. Dan data yang dipakai termasuk data sekunder diperoleh dari website PT BCA Syariah yang terdaftar di OJK periode 2018-2022. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa NPF dan ROA tidak memiliki pengaruh secara signifikan (negatif), sedangkan GCG dan CAR memiliki pengaruh signifikan (positif) dalam implementasi green banking. Dan seluruh variabel bebas mempengaruhi implementasi green banking secara bersamaan senilai 86,6%. Apabila terdapat penelitian yang terbaru, maka dapat menunjukkan hasil yang berbeda juga oleh empat indikator tersebut, dan masih terdapat banyak juga terkait faktor lain yang mempengaruhi implementasi green banking. Dengan itu, jika terdapat kekurangan dalam penelitian. Untuk memperbaikinya, peneliti meminta kritik dan juga saran yang membangun dari pembaca, serta bermanfaat untuk kedepannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliyah, Masyitaauliyahmasyita@gmail.com08040420137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPratikto, Muhammad Iqbal Suryam.iqbal@uinsby.ac.id2016039101
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Laporan keuangan; tingkat kesehatan bank; green banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Masyita Auliyah
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:32
Last Modified: 02 Feb 2024 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68131

Actions (login required)

View Item View Item