Pendidikan agama Islam berwawasan multikultural dalam membina toleransi peserta didik di Phatnawitya School Thailand

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuruzzaman, Muhammad Adib (2024) Pendidikan agama Islam berwawasan multikultural dalam membina toleransi peserta didik di Phatnawitya School Thailand. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Adib Nuruzzaman_06020120041 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Adib Nuruzzaman_06020120041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Thailand Selatan yang memiliki keragaman agama dan budaya memiliki riwayat dan potensi konflik yang cukup tinggi. Penelitian ini bermaksud untuk menganilisa bagaimana Pendidikan agama Islam berwawasan multikultural dapat secara efektif membina toleransi peserta didik sehingga mereka dapat menjadi pelopor perdamaian dan memitigasi konflik di masyarakat. Pada penelitian ini ada 3 masalah yang diajukan: 1). Bagaimana implementasi pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di Phatnawitya School Thailand? 2). apa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penyelenggaraan pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di Phatnawitya School Thailand? 3). Bagaimana peran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural dalam membina toleransi antar umat beragama peserta didik di Phatnawitya School Thailand? Untuk menjawab permasalahan yang telah diuraikan, dilakukan pengumpulan data kualitatif di Phatnawitya School melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terhimpun kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif, yang melibatkan langkah-langkah seperti kondensasi data, penyajian data, dan pemaparan kesimpulan. Temuan dari analisis tersebut kemudian disajikan secara naratif dalam laporan penelitian skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di Phatnawitya School diimplementasikan oleh guru di kelas dengan menanamkan nilai-nilai multikultural yang ada pada materi pelajaran pendidikan agama Islam. Peserta didik diberikan pengertian bahwa agama Islam mengajarkan untuk menebar kasih sayang dan menjadi rahmat bagi seluruh alam dan perbedaan di antara manusia merupakan kehendak Allah dan perlu disikapi dengan toleran. Nilai multikulturalisme dalam Pendidikan agama Islam diimplementasikan melalui metode penanaman nilai dan keteladanan. 2). Faktor pendukung pendidikan agama Islam berwawasan multikultural adalah civitas sekolah, para orang tua/wali peserta didik, komitmen Kerajaan, dan budaya mai pen rai yang lestari di kalangan masyarakat Thailand. Faktor penghambat yang ditemukan antara lain kurang minatnya peserta didik dalam belajar keberagaman, pengaruh media massa, dan sejarah kelam diskriminasi yang menimpa kelompok Melayu-Muslim di Thailand Selatan. 3). Peran Pendidikan agama Islam berwawasan multikultural dalam membina toleransi peserta didik di Phatnawitya School dapat dilihat dalam keseharian mereka di sekolah, sikap mereka kepada para guru dan peserta student exchange yang berbeda etnis dan agama saling menghargai dan membangun diskusi serta kerjasama dengan baik. Maka dengan menginternalisasi dan mengaktualisasi pendidikan agama Islam berwawasan multikultural kepada peserta didik dapat membiasakan mereka bersikap toleran dan menjadi sarana dalam upaya memitigasi konflik di masyarakat khususnya di Thailand Selatan yang memiliki potensi konflik antar etnis dan agama yang cukup tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuruzzaman, Muhammad Adibadibnuruzzaman19@gmail.com06020120041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Agama
Toleransi
Keywords: Pendidikan Agama Islam; multikultural; toleransi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Adib Nuruzzaman
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:28
Last Modified: 02 Feb 2024 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68140

Actions (login required)

View Item View Item