Analisis hukum ekonomi syariah dan hukum perdata terhadap akad muzara'ah pada sistem paron di Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pebiolinda, Piska Sintia (2024) Analisis hukum ekonomi syariah dan hukum perdata terhadap akad muzara'ah pada sistem paron di Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Piska Sintia Pebiolinda_05010220017.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Piska Sintia Pebiolinda_05010220017_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena jumlah masyarakat Desa Baleasri yang melakukan kerjasama dalam penggarapan lahan menggunakan sistem paron yang dalam ajaran Islam dikenal sebagai muzara'ah dengan fokus pada penanaman tanaman padi. Dengan adanya kerjasama penggarapan lahan yang menggunakan padi sebagai objek tanaman hal tersebut ditujukan untuk mengkaji lebih lanjut kesesuaian praktik muzara'ah dalam sistem paron di Desa Baleasri dengan prinsip-prinsip hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Perdata. Pada penelitian ini ditemukan rumusan masalah praktik akad muzara’ah pada sistem paron di Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan dan analisis Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Perdata pada masalah praktik akad muzara’ah pada sistem paron di Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Desa Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara (interview) dan dokumentasi. Selanjutnya data yang dikumpulkan disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis yakni mengumpulkan data tentang kerjasama lahan pertanian dengan sistem paron antara pemilik sawah dan penggarap di Desa Baleasri yang disertai analisis untuk diambil kesimpulan. Selanjutnya peneliti mengambil penelitian hukum normatif-empiris dengan pendekatan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Penelitian menemukan bahwa di Desa Baleasri, kerjasama muzara’ah pada sistem paron antara pemilik lahan pertanian dan penggarap dilakukan secara lisan dan berdasarkan kepercayaan tanpa perjanjian tertulis. Perjanjian kerjasama muzara’ah pada sistem paron di Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan yang dilakukan oleh Ibu Rukini dan Ibu Suprapti dianggap tidak sah dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah karena salah satu syaratnya tidak terpenuhi yakni ketidakjelasan jangka waktu perjanjian. Setelah dianalisis menggunakan dasar hukum KUHPerdata berdasarkan syarat sahnya perjanjian yang tertera pada Pasal 1320 analisis menunjukkan adanya wanprestasi oleh petani penggarap. Perjanjian yang dilakukan oleh Bapak Adi dan Bapak Supri serta perjanjian antara Ibu Amini dan Ibu Etik karena mengambil bagian lebih besar dari hasil panen yang sudah ditentukan dan pada perjanjian antara Ibu Etik dan Ibu Rukini terdapat wanprestasi berupa tidak memenuhi kewajiban seperti membeli pupuk atau terlambat. Ganti rugi yang harus dibayarkan petani penggarap yakni Bapak Adi sebesar 9 juta rupiah, Ibu Rukini 3 juta rupiah, dan Ibu Amini hanya menerima hasil panen mendatang sebesar 30%. Disarankan juga kepada pemerintah dan pemimpin agama Desa Baleasri untuk membuat regulasi terkait muzara’ah guna memberikan pedoman dalam praktik kerjasama pertanian seperti paron yang belum diatur secara resmi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pebiolinda, Piska Sintia05010220017@student.uinsby.ac.id05010220017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHabibi, Miftakhur Rohmanrokhmanhabibi@uinsby.ac.id2016128801
Subjects: Hukum Islam > Perjanjian
Hukum > Hukum Perdata
Hukum Ekonomi
Keywords: Akad uzara’ah; sistem paron; hukum ekonomi syariah; hukum perdata
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Piska Sintia Pebiolinda
Date Deposited: 02 Feb 2024 05:24
Last Modified: 02 Feb 2024 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68144

Actions (login required)

View Item View Item