Pemberdayaan komunitas pengrajin batik di Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zamla, Elive Zanoba (2023) Pemberdayaan komunitas pengrajin batik di Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elive Zanoba Zamla_B92219094.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Elive Zanoba Zamla_B92219094_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dan pendampingan ini membahas tentang pemberdayaan komunitas pengrajin batik di Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini berfokus pada beberapa hal, yaitu: pertama, bagaimana strategi pemberdayaan pengrajin batik di Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan; kedua, bagaimana hasil dan dampak yang muncul dari pemberdayaan komunitas pengrajin batik di Desa Telaga Biru yang sudah dilakukan; ketiga: bagaimana kaitan dan relevansi pemberdayaan komunitas pengrajin batik tersebut dengan dakwah pengembangan masyarakat Islam. Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development). Metode ABCD merupakan metode pendampingan yang berfokus pada asset atau potensi yang dimiliki oleh komunitas dalam rangka berproses untuk mencapai harapan yang ingin diwujudkan. Pendekatan ini menggunakan tahapan yang disebut dengan 5D, yaitu Discovry, Dream, Design, Define dan Destiny. Dengan demikian, ABCD dapat menjadi alat yang efektif untuk mencapai perubahan yang diinginkan. Hasil dari penelitian dan pendampingan ini adalah sebagai berikut; pertama strategi yang dilakukan dalam pemberdayaan pengrajin batik di Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan adalah dengan pembentukan dan penguatan kelembagaan kelompok pengrajin batik, mengembangkan skill membatik yang sudah dimiliki sebelumnya dengan sharing dan berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang pengembangan pola batik yang khas, dengan motif yang lebih modern dan elegan, pengembangan pemasaran secara online, pengembangan model dan kualitas pengemasan, pengembangan mitra dan jaringan usaha, memperkuat dukungan dari pemerintah lokal terhadap pengrajin batik; kedua, perubahan yang terjadi dan dampak yang muncul dari pemberdayaan yang dilakukan kepada pengrajin batik adalah perubahan ekonomi pengrajin batik yang semakin meningkat, skill membatik yang semakin berkembang, model pemasaran dan juga jaringan yang terbentuk semakin meluas, berdampak pada peningkatan kesejahteraan pengrajin yang signifikan; ketiga, pemberdayaan pengrajin batik di Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan sejalan dengan konsep Dakwah, bahwa pemberdayaan pengrajin batik tersebut berorientasi pada peningkatan kualitas ekonomi yang tujuannya adalah untuk sarana mewujudkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zamla, Elive Zanobazanobaelive@gmail.comB92219094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan;p engrajin batik; kesejahteraan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email zanobaelive@gmail.com
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:08
Last Modified: 02 Feb 2024 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68152

Actions (login required)

View Item View Item