Pendampingan lembaga koperasi masyarakat Desa Hutan Jamas Wana Lestari melalui Konsep Agroforestry Kopi menuju Pengelolaan Perhutanan Sosial Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Adiyaksa Lukmanul (2023) Pendampingan lembaga koperasi masyarakat Desa Hutan Jamas Wana Lestari melalui Konsep Agroforestry Kopi menuju Pengelolaan Perhutanan Sosial Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adiyaksa Lukmanul Hakim_04020220021 OK.pdf

Download (718kB)
[img] Text
Adiyaksa Lukmanul Hakim_04020220021 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 February 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yakni pemberdayaan dan penguatan yang dilakukan dengan memanfaatkan dan mengelola aset potensi dengan lebih baik untuk menuju suatu perubahan yang diharapkan. Dalam penelitian ini menggunakan 5 tahapan yang dikenal dengan 5D (Discovery, Dream, Design, Define, Destiny). Pendampingan diikuti oleh masyarakat Desa Sajen yang tergabung dalam lembaga KMDH Jamas Wana Lestari. Hasil dari penelitian tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan. Perubahan yang terjadi setelah adanya pendampingan yakni adanya pemanfaatan dan pengelolaan perhutanan sosial melalui agroforestry kopi, adanya gabungan antar anggota kelompok tani hutan kopi yang ada dalam daerah Kabupaten Mojokerto, keberhasilan dalam implementasi agroforestry kopi, adanya pelatihan dan sosialisasi tentang perhutanan sosial, dan juga masyarakat yang mampu dalam melakukan pemetaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Adiyaksa Lukmanul04020220021@student.uinsby.ac.id04020220021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFalasifah, Nihlatulnihlatulfs@gmail.com--
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Hubungan Masyarakat
Lingkungan Hidup
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pendampingan; Perhutanan Sosial; Pengelolaan SDA; KMDH Jamas Wana Lestari
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: adiyaksa lukmanul hakim
Date Deposited: 03 Feb 2024 15:17
Last Modified: 03 Feb 2024 15:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68163

Actions (login required)

View Item View Item