Penilaian domain sosial dan ekonomi nelayan lokal jaring insang berdasarkan indikator ecosystem approach to fisheries management di perairan tamperan, Pacitan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Iqbal Putra (2023) Penilaian domain sosial dan ekonomi nelayan lokal jaring insang berdasarkan indikator ecosystem approach to fisheries management di perairan tamperan, Pacitan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iqbal Putra Firmansyah_H74219027.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Iqbal Putra Firmansyah_H74219027_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Perairan Tamperan, Kabupaten Pacitan merupakan perairan yang berbatasan dengan Samudera Indonesia dengan dasar perairan yang berkarang dengan ombak yang besar dengan potensi perikanan yang melimpah. Nelayan lokal yang menggunakan jaring insang (gillnet) Tamperan, Kabupaten Pacitan tergolong small scale fisheries dengan menggunakan kapal berukuran kecil, tenaga manusia sebagai penggerak, dan memiliki skala produksi yang relatif kecil. Nelayan skala kecil sering terlibat dalam konflik sosial perikanan, salah satunya terkait dengan pemanfaatan sumber daya ikan dan penggunaan alat tangkap yang merusak. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui hasil tangkapan dan metode penangkapan, penilaian domain sosial serta penilaian domain ekonomi nelayan lokal jaring insang di Perairan Tamperan, Kabupaten Pacitan. Penelitian ini berfokus pada aspek sosial dan ekonomi, karena aspek ini berperan dominan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan meningkatkan pendapatan dan kesempatan kerja di sektor perikanan. Penilaian domain sosial dan ekonomi pada EAFM menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana jumlah indikator yang dinilai pada penelitian ini sebanyak 6 indikator yang tergabung kedalam 2 domain EAFM yaitu domain Sosial dan domain Ekonomi, dengan teknik purposive sampling dalam mengumpulkan data. Teknik purposive sampling dapat digunakan untuk memilih sampel yang mewakili berbagai kelompok masyarakat pesisir, serta stakeholder yang terlibat dalam pengelolaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penilaian domain sosial mendapatkan skor 62 tergolong dalam kondisi baik dan penilaian domain ekonomi mendapatkan skor 65 tergolong dalam kondisi baik. Secara total, penilaian sosial dan ekonomi masyarakat nelayan lokal di Tamperan, Kabupaten Pacitan dinilai baik, dengan nilai skor keseluruhan 63.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Iqbal Putraiqbalputrafirmansyah99@gmail.comH74219027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPerdanawati, Rizqi Abdiabdirizqi@uinsby.ac.id2026098801
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Subjects: Ekonomi
Ikan
Ilmu Kelautan
Keywords: EAFM; jaring insang; nelayan; tamperan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Iqbal Putra Firmansyah
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:36
Last Modified: 02 Feb 2024 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68164

Actions (login required)

View Item View Item