Efektivitas Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Listrik Dinamis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriyani, Lisawati Achmadi (2024) Efektivitas Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Listrik Dinamis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisawati Achmadi Indriyani_D9A219019 OK.pdf

Download (925kB)
[img] Text
Lisawati Achmadi Indriyani_D9A219019 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains peserta didik di SMP Negeri 25 Surabaya. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dengan kebanyakan kegiatan ceramah yang dilakukan oleh guru, guru lebih aktif dari pada peserta didik, peserta didik lebih cenderung menerima daripada mencari tahu sendiri mengengai materi yang dipelajari. Hal tersebut dapat mempengaruhi keterampilan proses sains peserta didik dalam mengamati, klasifikasi, prediksi, mengajukan pertanyaan, berhipotesis, mengidentifikasi variabel-variabel, menggunakan alat bahan, menganalisis data, menyimpulkan, dan mengomunikasikan, sehingga keterampilan proses sains peserta didik rendah. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran POE yang diharapakan dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran POE untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi listrik dinamis. Penelitian ini merupakan quasi experimental menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 25 Surabaya Tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian kelas IX G sebagai kelas eksperimen dan kelas IX H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, tes, dan angket respon. Teknik analisis data menggunakan uji mann whitney u, uji N-Gain, analisis lembar observasi, dan angket respon. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa model pembelajaran POE efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik materi IPA listrik dinamis. Hal tersebut dibuktikan dengan keterlaksanaan model pembelajaran POE pada lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik rata-rata sebesar 93,75% dan 93,19%. Perbedaan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 86,23 dan kelas kontrol sebesar 60,79. Hasil uji mann whitney u sebesar 0,000 ≤ 0,05. Hasil uji n-gain kelas eksperimen sebesar 65,29 dengan kategori cukup. Angket respon peserta didik mengenai respon positif kegiatan pembelajaran mendapatkan nilai sebesar 82,77% dengan kategori positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriyani, Lisawati Achmadilisawatiachmadi@gmail.comD9A219019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, Tatikindayatitatik@uinsby.ac.id--
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Fisika
Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain); Keterampilan Proses Sains
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Lisawati Achmadi Indriyani
Date Deposited: 20 Feb 2024 08:25
Last Modified: 20 Feb 2024 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68165

Actions (login required)

View Item View Item