Pengorganisasian jama’ah yasin melalui pemanfaatan ampas tahu sebagai upaya diversifikasi pangan menuju kemandirian masyarakat di Dusun Masaran, Desa Nambak, Kecamatan Bungkal, Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Elshafa Rahmania (2024) Pengorganisasian jama’ah yasin melalui pemanfaatan ampas tahu sebagai upaya diversifikasi pangan menuju kemandirian masyarakat di Dusun Masaran, Desa Nambak, Kecamatan Bungkal, Ponorogo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elshafa Rahmania Ramadhani_04040220065.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Elshafa Rahmania Ramadhani_04040220065_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (13MB)

Abstract

Peneliti melakukan pendampingan di Dusun Masaran dengan tujuan melakukan riset untuk memberdayakan masyarakat melalui pemanfaatan aset yang dimiliki, yaitu ampas tahu yang melimpah di sekitar lingkungan mereka. Produksi yang dihasilkan perhari dapat mencapai 1 ton dan menghasilkan limbah tahu setengah dari hasil produksi. Selain itu, aset manusia, terutama keterampilan kreatif ibu-ibu kelompok jama’ah yasin, juga menjadi kekuatan utama masyarakat Dusun Masaran. Kombinasi aset alam dan aset manusia tersebut membantu masyarakat Dusun Masaran beralih dari ketidakberdayaan aset alam menuju keberdayaan melalui pengelolaan efektif terhadap sumber daya yang mereka miliki. Peneliti menerapkan metode ABCD (Asset Based Community Development) yang berfokus pada pemanfaatan aset dan potensi lokal sebagai landasan pemberdayaan dalam menciptakan perubahan sosial. Langkah-langkah 5-D dalam Apreciative Inquiry digunakan, dimulai dari Discovery untuk menemukan dan mengungkap aset dan potensi, Dream untuk merancang strategi berdasarkan mimpi yang telah dibangun, Design untuk menyusun rencana aksi dari strategi yang dirancang, Define untuk melaksanakan aksi, dan Destiny untuk melakukan monitoring dan evaluasi. Strategi pengembangan aset, seperti ampas tahu, melibatkan pendirian usaha dengan mengelola hasil produksi tahu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Kegiatan ini mencakup produksi kerupuk ampas tahu, didukung oleh pelatihan manajemen dan pemasaran online. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk membangun usaha produktif dengan kreativitas mereka sendiri. Dampak perubahan sosial selama pendampingan mencakup peningkatan kesadaran masyarakat akan potensi aset tersebut, khususnya tanaman ampas tahu, yang dapat diolah menjadi produk unggulan desa. Ini juga mengarah pada pembentukan kelompok usaha sebagai pengelola, yang pada akhirnya memberikan tambahan pendapatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Elshafa Rahmaniarahmaniaelshafa@gmail.com04040220065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Hubungan Masyarakat
Pengabdian Masyarakat
Wirausaha
Keywords: Ampas tahu; limbah tahu; Dusun Masaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elshafa Elshafa Elshafa Rahmania Ramadhani
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:15
Last Modified: 02 Feb 2024 08:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68173

Actions (login required)

View Item View Item