Kebebasan beragama perspektif al Tabari dalam Tafsir Jami Al Bayan: studi tafsir mawdui

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falakhudin, Sulthon (2023) Kebebasan beragama perspektif al Tabari dalam Tafsir Jami Al Bayan: studi tafsir mawdui. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulthon Falakhudin_E73219066 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sulthon Falakhudin_E73219066 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Kebebasan telah menjadi fenomena yang sangat relevan dalam dekade akhir-akhir ini. Fenomena yang terjadi dalam masalah kebebasan terkadang berefek positif, kadang negatif. Hal ini bisa disebabkan dari dua hal, yakni sifat bebas itu sendiri dan pelaku kebebasan. Persoalan kebebasan yang sering dipermasalahkan, didiskusikan, dan dipersoalkan adalah kebebasan beragama. Ini disebabkan kebebasan atau ketidakterikatan ini juga berlaku di dalam hal beragama, khususnya di Indonesia. Akan tetapi, meskipun begitu, terdapat ayat Alquran seperti Al-Baqarah ayat 256 yang erat kaitannya dengan pembahasan di atas. Tinggal bagaimana ayat tersebut ditafsirkan. Sementara yang terjadi adalah terdapat perbedaan interpretasi terhadap ayat tadi, sehingga memunculkan pemikiran-pemikiran baru yang tidak didasarkan kepada pemahaman para ulama seperti para ahli tafsir Alquran. Hal ini menyebabkan kebebasan agama seringkali disalahartikan serta-merta sebagai kebebasan berpindah-pindah agama misalnya. Padahal, menurut seorang mufa al-Razi dalam kitab Tafsir al-Kabi>r dikatakan bahwa Alif-Lam yang terdapat pada lafal الدِّيْنِۗ maksudnya adalah agama Allah, yakni agama Islam. Dan ikrah yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah paksaan dengan ancaman membunuh. Hal ini menunjukkan bahwa ayat ini tidak dimaksudkan kepada pindahnya seorang muslim kepada agama lain Islam. Poin yang akan di sini ada dua, yaitu ayat-ayat yang berkaitan dengan kebebasan beragama dan penafsiran at-T{abari terhadap ayat-ayat yang berkaitan dengan kebebasan beragama. Bagian ini akan membahas penafsiran al-Kafirun ayat 1-6, penafsiran Al-Mumtahanah ayat 8, penafsiran al-Baqarah ayat 256, penafsiran al-An’a>m ayat 108, penafsiran al-Tahri>m ayat 6, penafsiran Ali ‘Imra>n ayat 104, penafsiran al-Hujura>t ayat 11, dan penafsiran al-Ikhlas ayat 1. Perihal kebebasan beragama di skripsi akan dibahas melalui pendekatan tafsir maudhui, dengan merujuk kepada penafsiran at-T{abari (Jami>’ al-Bayan fi Ta’wi<li ay al-Qur’a>n). Fokus skripsi ini ada pada analisis dokumen atau konten sebagai modelnya. Analisis dokumen atau konten adalah metode penelitian yang terstruktur yang memanfaatkan dokumen atau rekaman sebagai basis data utama. Jika mengutip pembahasan beliau, norma kebebasan internal dalam beragama tergambar dalam Al-Kafirun ayat 1-6. Penafsiran ayat tersebut menurut al-T{abari adalah Nabi Muhammad SAW memiliki hak untuk mempertahankan agama yang dimilikinya di atas tawaran-tawaran untuk murtad dari orang-orang musyrik. Hal yang demikian juga dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari, apabila ada seseorang ditawari orang beragama lain agama yang ia miliki, berhak untuk ditolak demi mempertahankan agama yang dimiliki. Artinya, kebebasan beragama bisa berarti kebebasan untuk mempertahankan agama dan bebas untuk tidak menerima tawaran bahkan paksaan untuk menerima keyakinan lain dari luar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falakhudin, Sulthonsulthon.falahudin@gmail.comE73219066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Al Qur'an
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kebebasan beragama; norma kebebasan beragama; Ibn Jarir al Tabari
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: SULTHON FALAKHUDIN
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:08
Last Modified: 02 Feb 2024 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68202

Actions (login required)

View Item View Item