Implementasi syariah marketing Muhammad Syakir Sula pada toko Nara Galery collection Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rasyidah, Alvi Nuur (2024) Implementasi syariah marketing Muhammad Syakir Sula pada toko Nara Galery collection Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alvi Nuur Rasyidah_08040420097 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Alvi Nuur Rasyidah_08040420097.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi syariah marketing pada Toko Nara Galery Collection serta bagaimana implementasi syariah marketing Muhammad Syakir Sula pada Toko Nara Galery Collection Sidoarjo.Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif dengan pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi kepada pemilik toko, karyawan dan konsumen Toko Nara Galery Collecton Sidoarjo. kemudian, data dianalisis menggunakan tiga metode yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian implementasi syariah marketing menunjukkan bahwa telah diterapkan meskipun belum maksimal (1) memperhatikan kehalalan dan kebaikan produk, produk yang dijual memiliki manfaat bagi penggunanya agar tetap modis sesuai dengan syariah, menawarkan produk yang model kekinian dengan kualitas bagus dari segi jahitan dan kain yang digunakan, memberikan hak khiyar kepada pelanggan jika terjadi kecacatan produk, quality control masih belum dimaksimalkan sehingga masih banyak keluhan dari pelanggan terkait dengan kualitas produk. Penggunaan label dengan bahasa asing atau bahasa awam bertujuan untuk meminimalisir kerugian yang dialami mitra bisnisnya. Penetapan harga sudah diterapkan dengan mengambil keuntungan sewajarnya. Penetapan harga sangat terjangkau sehingga tidak memberatkan konsumen serta penetapan harga dilihat dari segi kualitas produk dan model produk yang dijual. Pemilihan tempat kurang strategis namun mudah dijangkau, distribusi produk sudah diterapkan secara adil. Promosi dilakukan secara jujur dengan menjelaskan spesifikasi barang secara jelas baik dari sisi kekurangan dan kelebihannya, serta memberikan potongan harga. Promosi belum maksimal karena ada beberapa produk yang menggunakan model tidak berhijab sehingga belum sesuai dengan syariah. (2) Implementasi Syariah Marketing Muhammad Syakir Sula dengan 4 karakteristik sudah diterapkan meliputi teistis (rabbaniyyah) dibuktikan dengan hak khiyar; etis (akhlaqiyyah) dibuktikan dengan pelayanan yang ramah, bertutur kata yang baik, merespon pesan pelanggan secara online dengan cepat; realistis (al-waqiiyyah) dibuktikan dengan penggunaan promosi melalui sosial media dan promosi yang dilakukan secara jujur dan transparan; humanistis (al-insaniyyah) dibuktikan dengan memberikan pelayanan tanpa membeda-bedakan, mengambil keuntungan yang wajar, penggunaan label produk bahasa asing untuk meminimalisir terjadi kerugian yang dialami oleh mitra bisnisnya. Toko ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas produk, pelayanan, fasilitas agar kepuasan konsumen tetap terjaga dan meningkatkan kepercayaan diri terhadap label atau merek produk sendiri. Dengan adanya nama brand sendiri maka akan menjawab keraguan konsumen bahwa produk yang ditawarkan merupakan produk lokal dan produksi sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rasyidah, Alvi Nuur08040420097@student.uinsby.ac,id08040420097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, Nurlailahlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Keywords: Syariah marketing; Muhammad Syakir Sula
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Alvi Nuur Rasyidah
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:45
Last Modified: 05 Feb 2024 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68233

Actions (login required)

View Item View Item