Etos kerja petani dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Desa Plumpang Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadillah, Alivia Nur (2023) Etos kerja petani dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Desa Plumpang Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img] Text
Alivia Nur Fadillah_I03219005 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Alivia Nur Fadillah_I03219005 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini mengkaji fenomena etos kerja petani dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Desa Plumpang Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Fokus penelitian ini ialah etos kerja yang dimiliki oleh petani untuk memperoleh pendapatan dari hasil penjualan komoditas pertanian yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari dan juga dampak etos kerja yang ada dalam kehidupan petani. Dalam proses menggali data atau informasi, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Dalam menentukan subjek penelitian, peneliti mengunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi (pengamatan), waawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menganalisi data peneliti menggunakan teori tindakan sosial milik Max Weber. Hasil penelitian menujukan bahwa petani di Desa Plumpang memiliki etos kerja yang baik. Adapun bentuk etos kerja pada petani ialah pandai mengatur waktu, kerja keras, mandiri, pandai beradaptasi, produktif, pantang menyerah atau ulet dan adanya gotong royong. sehingga mendukung petani dalam memeperoleh kesejahteraan ekonomi. Kesejahteraan ekonomi petani terlihat pada kebutuhan sandang, pangan dan papan yang terpenuhi dengan baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadillah, Alivia Nuralivianurfadillah@gmail.comI03219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Warsito--20090259001
Subjects: Etos Kerja
Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Pertanian
Keywords: Etos Kerja; Petani; Kesejahteraan Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Alivia Nur Fadillah
Date Deposited: 03 Feb 2024 15:55
Last Modified: 03 Feb 2024 15:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68266

Actions (login required)

View Item View Item