Wajah al-qur’an dalam Wifiq dan Rajah: studi living qur’an komunitas pecinta Wifiq Nusantara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhirah, Inas (2024) Wajah al-qur’an dalam Wifiq dan Rajah: studi living qur’an komunitas pecinta Wifiq Nusantara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inas Fakhirah_07040320124 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Inas Fakhirah_07040320124 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2027.

Download (5MB)

Abstract

Khazanah keilmuan yang berkembang pesat dapat dijadikan sebagai alat untuk mengarungi polemik-polemik kehidupan yang kompleks. Salah satu keilmuan yang dapat dijadikan sebagai sarana dalam membantu menghadapi berbagai masalah adalah Ilmu Wifiq. Wifiq dan rajah terbentuk dari sebuah susunan-susunan huruf al-Qur’an yang digunakan sebagai sarana untuk berdo’a atau permohonan seorang hamba kepada Allah SWT. Ilmu Wifiq merupakan salah satu fan keilmuan yang merupakan warisan ulama’ terdahulu yang mungkin saja akan mengalami sebuah kepunahan. Untuk mendalami Ilmu Wifiq dapat dilakukan diberbagai tempat dengan syarat guru yang yang ahli dan memenuhi kaidah–kaidah yang sesuai, seperti halnya pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan dalam komunitas Pecinta Wifiq Nusantara. Adapun rumusan-rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi, Bagaimana praktik keilmuan wifiq dan rajah dalam Komunitas Pecinta Wifiq Nusantara dan Bagaimana resepsi Komunitas Pecinta Wifiq Nusantara terhadap penggunaan wifiq dan rajah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui praktik maupun penerapan wifiq dan rajah dalam kehidupan. Dan tujuan adanya resepsi adalah untuk memperoleh tanggapan dari beberapa anggota Komunitas Pecinta Wifiq Nusantara terhadap penggunaan wifiq dan rajah. Dalam rangka mengidentifikasi persoalan-persoalan yang ditemukan dalam rumusan masalah, diadakanya sebuah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif analisis yang berfungsi untuk menjelaskan atau menggambarakan wifiq dan rajah secara terperinci. Secara garis besar kesimpulan yang dapat diperoleh dengan adanya penelitian ini adalah mengetahui bahwa praktik keilmuan dalam membentuk wifiq dan rajah melalui dua tahapan secara zahiriyyah dan bat}iniyyah. Lalu, ketika bentuk wifiq dan rajah telah aktif maka dapat digunakan dalam berbagai sarana seperti memasukkan wifiq dan rajah kedalam air yang akan dikomsusi sebagai sarana untuk penyembuhan. Dan mengetahui respon dari beberapa anggota Komunitas Pecinta wifiq nusantara dalam penggunaan wifiq dan rajah yang didalamnya mengemukakan pandangan-pandangan yang bersifat positif seperti adanya kemanfaatan bagi khalayak luas, hal yang penting terutama bagi yang ingin mendalami serta cinta Ilmu Wifiq, dan menjadi sebuah penanggulanan atas tindakan yang tidak bertanggung jawab yang mengatas namakan wifiq dan rajah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhirah, Inasinasfakhirah3@gmail.com07040320124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsa.ac.id2004039001
Subjects: Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Keywords: Praktik; Resepsi; Komunitas Pecinta Wifiq Nusantara; wifiq
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Inas Fakhirah
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:23
Last Modified: 08 Mar 2024 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68269

Actions (login required)

View Item View Item