Analisis User Experience pada aplikasi Gresikpedia dalam mempengaruhi user satisfaction dengan moderasi digital literacy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sufairoh, Ifatus (2024) Analisis User Experience pada aplikasi Gresikpedia dalam mempengaruhi user satisfaction dengan moderasi digital literacy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ifatus Sufairoh_H76219022 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ifatus Sufairoh_H76219022 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Implementasi TIK dalam kebijakan pemerintah tercermin melalui konsep e-government. Keberhasilan sistem e-government tergantung pada bagaimana cara pengguna akhir memandangnya atau yang disebut dengan user experience. Keterkaitan antara user experience dengan user satisfaction memiliki dampak yang signifikan bagi suatu entitas organisasi. Dengan pemahaman dan kompetensi yang memadai, pengguna dapat mengambil manfaat dari fitur-fitur yang tersedia, hal ini secara langsung berpengaruh pada tingkat kepuasan pengguna. Aplikasi Gresikpedia diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik yang berguna untuk menyediakan layanan informasi kepada masyarakat. Dari komentar pengguna aplikasi ini masih sering menemukan masalah yang mengganggu pengguna. Berdasarkan kebutuhan tersebut sebuah penelitian harus dilakukan karena dari kendala-kendala masyarakat yang telah mengggunakan aplikasi Gresikpedia akan berdampak pada user experience dan user satisfaction. Oleh karena itu, penelitian perlu dilakukan untuk mengevaluasi kendala tersebut, dan menghubungkannya dengan aspek UX Honeycomb, serta menambahkan variabel digital literacy untuk mengetahui tingkat kemampuan digital masyarakat Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan adalah SEM-PLS, dengan hasil penelitian user experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction dalam penggunaan aplikasi Gresikpedia dan digital literacy tidak memiliki nilai yang signifikan dalam memoderasi antara user experience dan user satisfaction dalam penggunaan aplikasi Gresikpedia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sufairoh, Ifatusifatusufairoh@gmail.comH76219022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunaefi, Anangakunaefi@uinsby.ac.id--
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: User Experience; UX Honeycomb; User Satisfaction; Digital Literacy
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Ifatus Sufairoh
Date Deposited: 04 Feb 2024 00:54
Last Modified: 04 Feb 2024 00:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68274

Actions (login required)

View Item View Item