التناص الأدبي في مسرحية "همام في بلاد الأحقاف" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhilah, Hikmatul (2024) التناص الأدبي في مسرحية "همام في بلاد الأحقاف" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmatul Fadhilah_A71219049 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Hikmatul Fadhilah_A71219049 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah membahas tentang kajian Intertekstualitas yaitu kajian yang membahas tentang menemukan hubungan antara teks dalam objek penelitian yakni drama humam di negeri ahqaf dengan teks-teks lain yang diduga merupakan hipogramnya.dan adanya kajian ini penting untuk memperluas penafsiran sebuah karya sastra karena karya sastra tidaklah lahir melalui stuasi kekosongan budaya, oleh karena itu Setiap kurun waktu lahirnya suatu karya sastra tentu dilatarbelakangi oleh aspek eksternal seperti ideologi pengarang, budaya, situasi politik, nilai agama, maupun sosial. Oleh karena itu peneliti ingin menemukan sejauh mana aspek eksternal tersebut memengaruhi penulis yaitu Ali Ahmad Bakatsir dalam drama ini. Oleh karena itu peneliti tertarik dengan permasalahan dalam kajian intertekstual karena kajian intertekstual selain berhubungan erat dengan teks teks lain ia juga berhubungan dengan aspek eskternal diluar karya sastra. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif yaitu metode penelitian yang fokus menganalisis, mememukan dan mendeskripsikan suatu fenomena secara mendalam dan spesifik. Dan pada tahap ini peneliti mengumpulkan data dari seluruh aspek kesustraan baik berupa kalimat maupun wacana yang dianggap merupakan interteks dan memiliki pengaruh serta hubungan dengan penulis secara langsung ataupun tidak. Adapun hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti sebanyak Dua puluh lima data, diantaranya Tujuh data interteks dari Al Qur'an, Empat data dari interteks hadis, Tiga data dari interteks syi'ir , dan Sebelas data dari interteks nama, berupa tokoh dan tempat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhilah, Hikmatulhfdh2109@gmail.comA71219049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Fathinfathinmasyhud@uinsby.ac.id2014057602
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Intertekstual; Ali Ahmad Bakatsir; Drama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hikmatul Fadhilah
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:45
Last Modified: 30 Jan 2024 08:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68275

Actions (login required)

View Item View Item