Penguatan kapasitas perempuan nelayan melalui inovasi pengolahan hasil tangkapan nelayan di Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iftitah, Mutiara Nisya' Al (2024) Penguatan kapasitas perempuan nelayan melalui inovasi pengolahan hasil tangkapan nelayan di Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutiara Nisya' Al Iftitah_04020220044 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Mutiara Nisya' Al Iftitah_04020220044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah pendampingan istri nelayan di Desa Dalegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Dengan membangun kesadaran potensi dapat menghasilkan manfaat bagi keluarga. Aset yang pada awalnya tidak digunakan dengan baik sekarang dapat meningkatkan kreativitas dan pendapatan. Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) digunakan untuk mendampingi komunitas ini. Pendekatan ini mengatakan bahwa pendampingan dilakukan dengan memanfaatkan dan memobilisasi aset untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Peneliti ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development), yang mengumpulkan data dengan teknik FGD, wawancara, dan transek. Analisis data menggunakan triangulasi dan skala prioritas. Dibentuknya kelompok perempuan nelayan melalui kegiatan ini memungkinkan istri nelayan bekerja sendiri dan membantu meningkatkan ekonomi keluarganya. Pelatihan dan uji coba dalam pembuatan produk olahan ikan mengubah perspektif kelompok dampingan sehingga mereka dapat menghasilkan produk bernilai jual tinggi dan mampu menuju perubahan lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iftitah, Mutiara Nisya' Almutiaranisya.09@gmail.com04020220044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Penguatan kapasitas; kesadaran aset; kesejahteraan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mutiara Nisya' Al Iftitah
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:15
Last Modified: 07 Feb 2024 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68280

Actions (login required)

View Item View Item