Optimasi keuntungan baju olahraga dengan algoritma titik interior : studi kasus distributor baju olahraga pt. citra abadi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faisal, Muhammad (2020) Optimasi keuntungan baju olahraga dengan algoritma titik interior : studi kasus distributor baju olahraga pt. citra abadi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Faisal_H72216037 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Faisal_H72216037 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Algoritma titik interior adalah suatu metode penyelesaian permasalahan pemrograman linear dengan mentransformasikan titik interior awal ke dalam daerah fisibel sehingga mencapai solusi optimal penyelesaian pemrograman linear. Penelitian ini bertujuan mengaplikasikan algoritma titik interior dalam menyelesaikan permasalahan optimasi stok baju dan keuntungan baju olahraga yang meliputi baju badminton, sepak bola, futsal, dan tenis pada PT. Citra Abadi, Surabaya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Keuntungan baju dihitung dengan melihat beberapa kendala yang diambil yaitu ukuran baju dan persedian baju. Pada hasil penelitian ini menggunakan Algoritma Titik Interior dengan studi kasus PT. Citra Abadi mendapat keuntungan yang maksimum dengan pembulatan menggunakan metode branch and bound didapatkan jumlah stok baju dalam satuan lusin/sat yang terdiri dari baju badminton sebanyak 146, baju sepak bola sebanyak 120, baju futsal sebanyak 171 dan baju tenis sebanyak 161 dengan keuntungan yang di peroleh sebanyak Rp.83.903.000. Sedangkan dari perhitungan secara manual yang dilakukan oleh PT. Citra Abadi ialah baju Badminton 141, baju sepak bola 120, baju futsal 212, baju tenis 135 dengan keuntungan sebesar Rp.83,550,000. Perhitungan menggunakan Algoritma Titik Interior mendapatkan hasil keuntungan yang lebih optimal/baik di bandingkan dengan cara manual yang di lakukan oleh PT. Citra Abadi, dengan algoritma titik interior menghasilkan stok baju badminton sebanyak 146, baju sepak bola sebanyak 120, baju futsal sebanyak 171 dan baju tenis sebanyak 161 sehingga sangat bagus disarankan/terapkan dalam optimasi keuntungan baju olahraga pada PT. Citra Abadi karena hasilkan perhitungan keuntungan yang optimal yaitu lebih besar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faisal, Muhammadfaisolbaye@gmail.comH72216037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Subjects: Matematika
Olah Raga
Keuangan
Keywords: Optimasi; Program Linear; Algoritma Tititk Interior
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: MUHAMMAD FAISAL
Date Deposited: 05 Feb 2024 05:12
Last Modified: 05 Feb 2024 05:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68291

Actions (login required)

View Item View Item