Implementasi perlindungan hukum terhadap fakir miskin dan anak terlantar dalam tinjauan fiqh siyāsah di Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayuningtiyas, Fitri (2023) Implementasi perlindungan hukum terhadap fakir miskin dan anak terlantar dalam tinjauan fiqh siyāsah di Kota Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Ayuningtiyas_02040422010 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fitri Ayuningtiyas_02040422010 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu : 1. Bagaimana implementasi perlindungan hukum terhadap fakir miskin dan anak terlantar di Kota Mojokerto oleh Dinas Sosial ?, dan 2. Bagaimana implementasi perlindungan hukum terhadap fakir miskin dan anak terlantar di Kota Mojokerto dalam tinjauan Fiqh Siyāsah ? Data penelitian ini dihimpun dengan menggunakan jenis penelitian empiris (penelitian lapangan). Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori negara kesejahteraan, teori perlindungan hukum, teori kewenangan, teori wizarah, serta teori maqâshid al-syarîah hifz nash wa hifz nasl. Penelitian ini dilakukan di Dinas Sosial Kota Mojokerto dengan menggunakan pendekatan socio legal studies. Hasil dari penelitian disebutkan bahwasannya, dalam melaksanakan program untuk menyentuh seluruh fakir miskin dan anak terlantar yang ada di Kota Mojokerto dapat disebutkan bahwa Implementasi perlindungan hukum dan fakir miskin di Kota Mojokerto masih belum bisa dikatakan maksimal. Hal ini disebabkan oleh lemahnya penegakan, pengawasan, serta kurangnya anggaran yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada Dinas Sosial Kota Mojokerto. fiqh siyāsah jika dikaitkan dengan penelitian ini terkait dengan implementasi perlindungan fakir miskin dan anak terlantar di Kota Mojokerto dapat dikatakan bahwa penerapan peraturan daerah yang direalisasikan oleh Dinas Sosial Kota Mojokerto harus lebih mengutamakan prinsip-prinsip islam dalam perumasannya. Dalam hal ini prinsip-prinsip islam dapat dikatakan seperti dijunjung tingginya hak asasi manusia. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Perlindungan hukum terhadap fakir miskin dan anak terlantar dengan merujuk kepada kebijakan Perda Kota Mojokerto Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Penanggulangan kemiskinan terpadu merujuk pada teori negara kesejahteraan, perlindungan hukum, serta kewenangan. Dengan adanya rujukan program-program Dinas Sosial Kota Mojokerto dengan bentuk negara kesejahteraan social insurance walfare state, serta Dinsos Kota Mojokerto yang merupakan penerima kewenangan mandat dari Pemerintah Daerah mampu memberikan perlindungan dalam bentuk preventif. Sedangkan Implementasi perlindungan fakir miskin dan anak terlantar di Kota Mojokerto dilihat dari kaca fiqh siyāsah harus berlandaskan kepada kemaslahatan umat. Dapat diuraikan bahwa implementasi yang telah dilaksanakan oleh Dinas Sosial berdampingan dengan konsep wizarah dan maqâshid al-syarîah hifz nafs wa hifz nasl.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayuningtiyas, Fitrifitry.ningtyas69@gmail.com02040422010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChalik, Abd.achalik_el@yahoo.co.id2027067302
Thesis advisorMubarok, Nafinafi.mubarok@gmail.com2014047401
Subjects: Kemiskinan
Anak Jalanan
Hak Asasi Manusia
Orang tua dan Anak
Keywords: Implementasi; Perlindungan Hukum; Wizarah; dan Maqâshid al-syarîah hifz nafs wa hifz nasl
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Fitri Ayuningtiyas
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:38
Last Modified: 05 Feb 2024 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68294

Actions (login required)

View Item View Item