Tinjauan yuridis dan fiqh al siyāsah terhadap Pasal 14 dan Pasal 28 Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 5 Tahun 2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Hindun Miratul (2023) Tinjauan yuridis dan fiqh al siyāsah terhadap Pasal 14 dan Pasal 28 Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 5 Tahun 2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hindun Miratul Ummah_05010420006.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hindun Miratul Ummah_05010420006_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang membahas tentang Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Rukun Tetangga Dan Rukun Warga yang materi muatannya tentang masa bakti ketua RT dan ketua RW bertentangan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri dengan judul “Analisis Yuridis dan Al Fiqh Al Siyāsah Terhadap Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Rukun Tetangga Dan Rukun Warga (Studi Analisis Masa Bakti Ketua RT Dan Ketua RW)”. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu bagaimana analisis yuridis dan analisis Fiqh Al Siyāsah Al dustūriyah Pasal 14 dan Pasal 28 Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 5 Tahun 2016 tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga. Guna menjawab rumusan masalah penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian hukum normatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan atau library research. Penelitian ini memerlukan bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penelitian serta bahan hukum sekunder berupa karya ilmiah dan kitab Fiqh Al Siyāsah yang berkaitan dengan penelitian. Setelah data-data tersebut terkumpul barulah digunakan untuk penelitian dengan teori hukum positif juga teori Fiqh Al Siyāsah Al dustūriyah menggunakan pendekatan penelitian perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan perbandingan (comparative approach). Hasil dari penelitian Pasal 14 dan Pasal 28 Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 5 Tahun 2016 tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga adalah perbedaan masa bakti ketua RT dan ketua RW menimbulkan ketidakadilan serta pelanggaran terhadap hak konstitusional warga negara. Namun, mekanisme terkait ketua RT maupun ketua RW apabila berhenti atau diberhentikan dan digantikan oleh wakilnya tidak tercantum dalam Permendagri Nomor 18 Tahun 2018, sehingga berbeda-beda di setiap daerah. Perbedaan pengaturan masa bakti ketua RT dan ketua RW dalam Pasal 14 dan Pasal 28 Peraturan Daerah Kab. Gresik Nomor 5 Tahun 2016 menimbulkan kemudharatan dan menjauhi kemaslahatan, sebab mengakibatkan ketua RT dan ketua RW di Kabupaten Gresik tidak memperoleh kesempatan yang sama di depan hukum dan pemerintahan. Namun, mekanisme penggantian ketua RT atau ketua RW yang berhenti atau diberhentikan dalam Pasal 14 dan Pasal 28 Peraturan Daerah Kab. Gresik Nomor 5 Tahun 2016 diperbolehkan dalam Islam guna mencegah ke mafsadatan yang muncul akibat kekosongan jabatan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis memberikan saran agar pemerintah daerah menghiraukan ketentuan yang terdapat dalam peraturan menteri dalam menyusun peraturan daerah, agar masa bakti ketua RT dan RW di wilayah Gresik tidak berbeda-beda. Pemerintah daerah kabupaten Gresik segera melakukan perubahan Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 5 Tahun 2016 tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Hindun Miratulhindunumah@gmail.com05010420006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Ikhsan Fatahikhsan.fatahyasin@gmail.com2017058901
Subjects: Negara Islam
Organisasi Masyarakat
Pemerintahan Legislatif
Keywords: Hukum normatif; Peraturan Daerah Kabupaten Gresik nomor 5 tahun 2016; Rukun Tetangga dan Rukun Warga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Hindun Ummah
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:42
Last Modified: 06 Feb 2024 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68337

Actions (login required)

View Item View Item