Kemuliaan manusia dalam Al Quran: telaah penafsiran Qs. Al Isra ayat 70 dalam kitab Tafsir al Jami li Ahkam Al Quran karya al Qurtubi dan Tafsir Fi Zilal Al Quran karya Sayyid Qutb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wintono, Wintono (2023) Kemuliaan manusia dalam Al Quran: telaah penafsiran Qs. Al Isra ayat 70 dalam kitab Tafsir al Jami li Ahkam Al Quran karya al Qurtubi dan Tafsir Fi Zilal Al Quran karya Sayyid Qutb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wintono_E73219068 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Wintono_E73219068 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur'an menggambarkan manusia dari berbagai sudut pandang. Berawal dari tujuan diciptakannya manusia yaitu untuk taat dan taat kepada-Nya melalui ajaran agama yang diberikan yaitu Islam. Ajaran Islam diyakini dapat mendorong manusia untuk selalu dekat dengan Allah SWT dan membimbingnya ke jalan yang diridhoi Allah SWT. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang sangat mulia, diberkahi dengan beberapa unsur yang membedakannya dengan makhluk lain ciptaan Tuhan. Namun, ada perdebatan yang sedang berlangsung di antara para sarjana tentang sifat kehormatan manusia itu sendiri. Hal ini mungkin disebabkan kurangnya literasi yang memadai serta argumentasi para mufassir yang komperhensif guna menjawab persoalan ini. Mengacu pada permasalahan tentang kemuliaan manusia yang mengacu pada penelitian ini adalah pembahasan mengenai kemuliaan manusia berfokus pada QS. al-Isra’ ayat 70. Maka dalam penelitian ini akan diungkapkan bagaimana penafsiran al-Qurt}ubi dalam kitab Tafsi>r al-Ja>mi’ Li Ahka>m al-Qur’a>n dan Sayyid Qut}b dalam kitab Tafsi>r Fi> Z{ila>l al-Qur’a>n mengenai kemuliaan manusia dalam QS. al-Isra’ ayat 70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wintono, Wintonokangwin111@gmail.comE73219068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, AbdAlidoktaf@gmail.com2002026501
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Kemuliaan; manusia, al Qurtubi; Sayyid Qutb
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Unnamed user with email kangwin111@gmail.com
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:21
Last Modified: 19 Feb 2024 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68346

Actions (login required)

View Item View Item