Analisis pemberitaan media kompas terhadap intervensi politik atas batalnya Piala Dunia U20 di Indonesia : studi kasus: Laman Kompas.id periode Maret-April 2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ananda, Muhammad Agus Tri (2024) Analisis pemberitaan media kompas terhadap intervensi politik atas batalnya Piala Dunia U20 di Indonesia : studi kasus: Laman Kompas.id periode Maret-April 2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Agus Tri Ananda_07040420028.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Agus Tri Ananda_07040420028_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada narasi pemberitaan yang dilakukan oleh Kompas.id kurun waktu Maret-April 2023 mengenai adanya intervensi politik yang melatarbelakangi kegagalan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penyampaian narasi Kompas.id sebagai media yang turut memberitakan adanya unsur intervensi politik atas batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia dalam menarasikan hal tersebut. Penelitian ini menggunakan teori pendekatan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk bersama konstruksi realitas sosial untuk melakukan analisis pada hasil temuan penelitian. Jenis penelitian yang diimpelementasikan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang melakukan pengumpulan data menggunakan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan tahapan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kompas.id secara tidak langsung dalam teks beritanya memberikan pernyataan bahwa gagalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia disebabkan oleh aksi politis yang ditunjukkan dengan mencuatnya polemik penolakan timnas Israel untuk ikut serta didalamnya. Selain itu Kompas.id bersama penulis berita/wartawan memiliki penegasan tentang intervensi politik pada Piala Dunia U-20 diharapkan sebagai fenomena yang terakhir (seharusnya tidak terjadi), dan itu menjadi pembuktian sekaligus memberikan arah kejelasan bahwa kencederungan mereka (Kompas.id dan penulis berita) pada pihak yang menolak adanya unsur politik baik dalam sepak bola maupun dalam olahraga lainnya. Sebab adanya intervensi politik menyebabkan tercorengnya tujuan olahraga yang seharusnya menjadi pemersatu bangsa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ananda, Muhammad Agus Triagustriananda2020@gmail.com07040420028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFakhruddin, M. Anasa.fakhruddin@uinsby.ac.id2010028201
Subjects: Ideologi Politik
Media Massa
Sepak Bola
Keywords: Intervensi politik; Kompas.id; Piala Dunia U-20
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Muhammad Agus Tri Ananda
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:13
Last Modified: 06 Feb 2024 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68357

Actions (login required)

View Item View Item