Ayat-ayat pengaderan dalam kegiatan pengembangan kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Nurul Izzah (2023) Ayat-ayat pengaderan dalam kegiatan pengembangan kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Izzah Fatimah_E93218122 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Nurul Izzah Fatimah_E93218122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) adalah sebuah organisasi yang berfokus pada engembangan kader yang memiliki nilai-nilai Islam dan semangat pengabdian kepada masyarakat. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam pengembangan kader IMM yaitu melalui internalisasi ayat-ayat pengaderan. Dalam penelitian ini, peneliti berfokud kepada kader IMM UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai objek material penelitian. Dari beberapa pembahasan, diskusi serta kajian IMM UIN Sunan Ampel mengembangkan internalisasi ayat-ayat pengkaderandengan tujuan mengetahui pemahaman kader tentang ayat pengkaderan. Dalam pengamatan tersebut peneliti mengindikasi adanya perbedaan pemahaman dalam internalisasi ayat-ayat pengkaderandi IMM UIN Sunan Ampel Surabaya. Maka dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori konstruksi sosial sebagai pisau analisis terhadap penelitian tersebut. Kajian dalam penelitian ini menggunakan model metode deskriptif kualitatif dengan analisis field researchdengan mengambil data secara primer dan sekunder. Adapun temuan dalam penelitian ini yaitu perbedaan pemahaman internalisasi ayat pengkaderan IMM UIN Sunan Ampel. Kendati demikian masuknya perbedaan pemikiran tersebut membuat IMM UIN Sunan Ampel Surabaya semakin berkembang dengan tetap mengembalikan permasalahan kepada al-Qur’a>n dan al-Sunnah yang merupakan pedoman utama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Nurul Izzahizzah9650@gmail.comE93218122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaidarahma@uinsa.ac.id2123017602
Subjects: Organisasi Mahasiswa
Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Internalisasi; ayat-ayat pengaderan; Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nurul Izzah Fatimah
Date Deposited: 07 Feb 2024 05:04
Last Modified: 07 Feb 2024 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68364

Actions (login required)

View Item View Item