Analisis penerapan akuntansi lingkungan dan sosial dalam menunjang keberlanjutan bisnis PT Afan logam lestari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Dea Kurnia (2023) Analisis penerapan akuntansi lingkungan dan sosial dalam menunjang keberlanjutan bisnis PT Afan logam lestari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dea Kurniasari_08020220051 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Dea Kurniasari_08020220051.pdf

Download (4MB)

Abstract

Akuntansi Lingkungan dan sosial merupakan salah satu topik yang menarik dan relevan untuk diteliti hal ini terletak pada peranannya dalam membantu perusahaan mengukur, melaporkan, dan memitigasi dampak lingkungan serta sosial dari operasional bisnis, sehingga mendukung keberlanjutan dan membangun citra perusahaan yang bertanggung jawab.Penelitian ini bertujuan untuk untuk memahami analisis penerapan akuntansi lingkungan dan sosial dalam menunjang keberlanjutan bisnis PT Afan Logam Lestari. Penulis dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode kualitatif Data yang dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan dokumen dengan melihat langsung laporan laba rugi yang telah disajikan oleh Akuntan PT Afan Logam Lestari. Wawancara di PT Afan Logam Lestari dilakukan terhadap kepala akuntansi dan keuangan, manager ppic, dan masyarakat sekitar PT Afan Logam Lestari.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Afan Logam Lestari sudah melakukan tanggung jawab lingkungan, namun pada penerapan akuntansi lingkungan belum sesuai dengan PSAK No 1 tahun 2015. Untuk pengidentifikasian biaya lingkungan menurut teori Hansen dan Mowen, PT Afan Logam Lestari sudah sesuai dengan teori tersebut. Pada penerapan akuntansi sosial kegiatan CSR yang dilakukan PT Afan Logam Lestari sudah sesuai dengan aturan dan konsep triple buttom line. Akuntansi lingkungan dan sosial dapat mendukung keberlanjutan bisnis dengan memberikan gambaran mengenai dampak positif dan negatif perusahaan.Penelitian ini memberikan rekomendasi pada PT Afan Logam Lestari untuk mampu melakukan penyusunan laporan biaya lingkungan dalam mengelola limbah secara terpisah dalam laporan keuangannya. Terkait akuntansi sosial untuk penerapannya bisa lebih disesuaikan dengan keadaan masyarakat sekitar. Disarankan bisa menambahkan program-program yang lebih bisa melibatkan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Dea Kurnia08020220051@student.uinsby.ac.id08020220051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Akuntansi
Keywords: Akuntansi lingkungan; akuntansi sosial; corporate social responbility; keberlanjutan bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: DEA KURNIASARI
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:56
Last Modified: 07 Feb 2024 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68374

Actions (login required)

View Item View Item