Pelecehan seksual mempertontonkan alat kelamin di muka umum dalam perspektif kriminologi dan hukum pidana Islam: studi kasus di Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Ghilang Muhammad Pratama (2024) Pelecehan seksual mempertontonkan alat kelamin di muka umum dalam perspektif kriminologi dan hukum pidana Islam: studi kasus di Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghilang Muhammad Pratama Putra_05040320082 full.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ghilang Muhammad Pratama Putra_05040320082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Merupakan penelitian untuk menjawab rumusan masalah 1).Bagaimana tinjauan kriminologi terhadap peristiwa pelecehan seksual mempertontonkan alat kelamin di muka umum di Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya dan 2).Bagaimana tinjauan hukum pidana islam terhadap peristiwa pelecehan seksual mempertontonkan alat kelamin Di Muka Umum di Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya. Jenis penelitian yang dibuat oleh penulis adalah jenis penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitif dengan pola pikir induktif. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan mengenai. Pertama, tinjauan kriminologi terhadap pelecehan seksual mempertontonkan alat kelamin di muka umum di Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya, disini penulis membahas mengenai faktor yang mempengaruhi seseorang (perspektif individu) yang melakukan kejahatan dalam teori rasional choice theory, sedangkan dari (perspektif sosial) digunakan teori kontrol sosial yang mana kedua teori tersebut sangat berkesinambungan dalam kasus pelecehan seksual mempertontonkan alat kelamin di muka umum. Kedua, tindak pidana pelecehan seksual mempertontonkan alat kelamin di muka umum dalam hukum positif di atur pada UU TPKS Pasal 5. Sedangkan dalam tinjauan Hukum Pidana Islam pelecehan seksual mempertontonkan alat kelamin di muka umum di kenakan sanksi Ta’zir. Sejalan dengan kesimpulan di atas, peneliti memberikan saran kepada pihak yang berwenang untuk selalu memberikan wawasan dan edukasi terhadap masyarakat, terhadap perbuatan pelecehan seksual. Karena pelecehan seksual sering terjadi di sekeliling kita, namun korban tidak berani untuk melapor. Dalam Hukum Pidana Islam pelecehan seksual merupakan perbuatan yang sangat mendekati dengan zina, dan hal tersebut sangat dikecam oleh Allah SWT. Dengan demikian untuk mengantisipasi hal tersebut perlunya juga kontrol sosial terhadap masyarakat. Hal tersebut sangat berguna dalam mengurangi pelecehan seksual yang terjadi pada masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Ghilang Muhammad Pratamaghilangputra20@gmail,com05040320082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandra, Marlimcand23@gmail.com/mcand23@uinsby.ac.id2014048502
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Pelecehan seksual; alat kelamin; perspektif kriminologi; hukum pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: ghilang muhammad pratama
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:10
Last Modified: 07 Feb 2024 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68380

Actions (login required)

View Item View Item