Pemberdayaan perempuan menuju kemandirian ekonomi perspektif maqaṣid al-shari’ah: studi kasus pada program Koperasi Wanita Sejahtera di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robbani, Burhanuddin (2023) Pemberdayaan perempuan menuju kemandirian ekonomi perspektif maqaṣid al-shari’ah: studi kasus pada program Koperasi Wanita Sejahtera di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Burhanuddin Robbani_02040321005 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Burhanuddin Robbani_02040321005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan perempuan di Indonesia dapat menjadi potensi bagi perkembangan ekonomi di Indonesia. Akan tetapi, pada realitanya kondisi pemberdayaan perempuan di Indonesia masih belum optimal. Salah satu kegiatan pemberdayaan perempuan dalam bidang ekonomi dapat diwujudkan melalui pembentukan koperasi. Penerapan pemberdayaan melaui Koperasi telah direalisasikan pada Koperasi Wanita sejahtera di Desa Latukan. Akan tetapi, pada pemberdayaan tersebut masih menemui berbagai permasalahan yang menghambat optimalisasi pemberdayaan perempuan disana. Dari permasalahan tersebut, yang menjadi fokus utama penelitian ini adalah Bagaimana Pemberdayaan Perempuan Menuju Kemandirian Ekonomi melalui Program Koperasi Wanita “Sejahtera” di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan serta bagaimana analisisnya secara maqāṣid al-shari’ah. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan secara studi kasus. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Kegiatan pemberdayaaan perempuan melalui program koperasi wanita “Sejahtera” di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan mempunyai berbagai program pemberdayaan yang bertujuan menjadikan para perempuan anggota kopwan menjadi lebih mandiri secara ekonomi maupun sosial. Kegiatan pemberdayaan perempuan memberikan dampak positif seperti para perempuan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, membantu perekonomian keluarga, mendapatkan pendapatan lebih baik, mengalami perubahan hidup yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan menjadi memiliki pekerjaan, mengembangkan potensi dan ide kreatifitas, serta dapat mengembangkan potensi dan partisipasi di bidang sosial. Dalam penerapan pemberdayaan pada aspek Maqāṣid al-shari’ah seperti ḥifẓ al-dīn, ḥifẓ al-nafs, ḥifẓ al-‘aql, ḥifẓ al-nasl dan ḥifẓ al-māl sudah sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robbani, Burhanuddinburhanuddin.r77@gmail.com02040321005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFageh, AchmadAch.fageh@uinsby.ac.id0703067304
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Subjects: Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan perempuan; kemandirian ekonomi; maqaṣid al-shari’ah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: burhanuddin robbani
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:52
Last Modified: 07 Feb 2024 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68383

Actions (login required)

View Item View Item