Penerimaan dan implementasi PCNU se-Jawa Timur terhadap kriteria Imkan Rukyat Mabims baru (3-6,4)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Nurul Aziroh (2023) Penerimaan dan implementasi PCNU se-Jawa Timur terhadap kriteria Imkan Rukyat Mabims baru (3-6,4). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Aziroh Mufidah_C96219062 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Nurul Aziroh Mufidah_C96219062.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penulis skripsi ini mengambil judul Penerimaan dan Implementasi PCNU se-Jawa Timur Terhadap Kriteria MABIMS Baru (6-4). Dari judul tersebut ada dua rumusan masalah. Pertama, seberapa dalam pemahaman pengurus PCNU se-Jawa Timur terhadap kriteria Imkan rukyat MABIMS baru (3-6,4). Kedua, bagaimana penerimaan kriteria Imkan rukyat MABIMS baru (3-6,4) menurut PCNU se-Jawa Timur. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif (descriptive research) yang merupakan salah satu metode dalam penelitian kualitatif yang mendeskripsikan peristiwa atau kejadian berdasarkan data yang telah diperoleh dengan cara menganalisis dan menginterpretasi data tersebut sebagai jawaban atau pemecahan masalah yang sedang diteliti. Penelitian ini bersifat komparatif dan korelatif. Penelitian ini lebih menekankan aspek sudut pandang dari PCNU se-Jawa Timur terhadap kriteria Imkan rukyat MABIMS baru (3-6,4) dalam penetapan awal bulan Hijriah. Menurut hasil penelitian, kesimpulannya PCNU se-Jawa Timur paham dnegan kriteria Imkan rukyat MABIMS baru. PCNU se-Jawa Timur dapat menjabarkan perbedaan antara kriteria Imkan rukyat MABIMS lama dengan kriteria Imkan rukyat MABIMS baru, dimana kriteria MABIMS lama memiliki kriteria dengan tinggi hilal sebesar 2 derajat, sudut elongasi sebesar 3 derajat dan umur hilal selama 8 jam. Sedangkan kriteria Imkan rukyat MABIMS baru, memiliki pembaharuan kriteria dengan tinggi hilal sebesar 3 derajat dan sudut elongasi sebesar 6,4 derajat. Serta Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) se-Jawa Timur menerima adanya perubahan kriteria Imkan rukyat dari kriteria lama ke kriteria baru. Dengan alasan mematuhi perintah dari PBNU melalui LFPBNU, yang tertuang dalam surat keputusan LFPBNU nomor 001/SK/LF-PBNU/III/2022. Selain alasan tersebut, PCNU se-Jawa Timur menerima kriteria baru, karena kriteria ini dianggap kriteria yang lebih logis dan saintifik. Karena nilai irtifak hilal dinaikkan, sehingga kemungkinan hilal tercitra sangat besar. Sosialisasi mengenai kriteria Imkan rukyat MABIMS baru, lebih digencarkan lagi ke kalangan penggiat falak dan masyarakat awam. Karena masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai kriteria baru ini. Serta, Kegiatan rukyatulhilal lebih sering dilaksanakan, untuk mengkaji lebih lanjut mengenai kriteria Imkan rukyat MABIMS baru. Sehingga tingkat akurasi hilal teramati lebih tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Nurul Azirohnrlazrhmfida@gmail.comC96219062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Adiadidamanhuri@uinsby.ac.id0301118605
Subjects: Hisab dan Rukyah
Falak
Keywords: PCNU; Imkan Rukyat Mabims
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Nurul Aziroh Mufidah
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:16
Last Modified: 07 Feb 2024 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68385

Actions (login required)

View Item View Item