Analisis pengukuran kinerja keuangan pemerintah daerah dengan menggunakan prinsip value for money: studi kasus badan pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset daerah Kabupaten Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariska, Shelya Dewi (2023) Analisis pengukuran kinerja keuangan pemerintah daerah dengan menggunakan prinsip value for money: studi kasus badan pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset daerah Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shelya Dewi Ariska_08020220088 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Shelya Dewi Ariska_08020220088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan salah satu topik yang sangat penting untuk diteliti dengan menilai akuntabilitas pemerintah daerah dalam berbagai aspek pengelolaan administrasi publik. Akuntabilitas tidak hanya terbatas pada pengungkapan bagaimana dana publik digunakan, tetapi juga melibatkan kemampuan untuk membuktikan bahwa dana tersebut telah digunakan secara ekonomis, efisien, dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami serta mengukur kinerja keuangan BPPKAD Kabupaten Sampang dari tahun 2019 hingga 2022 dengan menggunakan metode Value For Money. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer melalui wawancara secara langsung, sedangkan data sekunder diperoleh dari Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Pemerintah Kabupaten Sampang. Setelah data terkumpul maka data direduksi lalu disajikan sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kinerja keuangan menurut Value For Money, pemerintah Kabupaten Sampang termasuk dalam kategori ekonomis pada tahun 2019–2022 dengan rata-rata 91% efisiensi dan rata-rata 102% efektivitas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa meskipun Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang memiliki kinerja keuangan yang baik, namun kurang efektif. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak pemerintah daerah agar dapat menjaga dan menjalankan roda pemerintahan dengan baik. Selain itu diharapkan untuk tetap menjaga keterbukaannya kepada masyarakat dalam menyampaikan informasi mengenai kinerja pemerintah kepada publik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariska, Shelya Dewi08020220088@student.uinsby.ac.id08020220088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Akuntansi
Penghasilan Daerah
Keywords: Kinerja keuangan; pemerintah daerah; prinsip value for money
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Shelya Dewi Ariska
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:47
Last Modified: 12 Feb 2024 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68389

Actions (login required)

View Item View Item