Analisis strategi marketing syariah pada manajemen pemasaran Malindo Minimarket Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ihsan, Nurul (2023) Analisis strategi marketing syariah pada manajemen pemasaran Malindo Minimarket Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Ihsan_G94218212 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Nurul Ihsan_G94218212.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis strategi marketing Syariah yang diterapkan oleh Malindo Minimarket Gresik dengan berpedoman pada prinsip-prinsip Islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis case study (studi kasus) yang bersifat deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di lapangan, wawancara dengan informan menggunakan teknik purposive sampling, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis melalui tahap pemeriksaan, pengorganisasian, dan analisis data. Langkah-langkah analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa, Malindo Minimarket Gresik telah menerapkan strategi marketing Syariah yang terintegrasi secara cermat, di mana pendekatan ini dianalisis dan diselaraskan dengan berbagai variabel bauran pemasaran atau marketing mix. Mulai dari elemen produk (product), harga (Price), promosi (Promotion), dan distribusi (Place). Semuanya sesuai dengan dimensi teistis, etis, realistis, dan humanistis secara seimbang. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan Malindo Minimarket Gresik dapat meningkatkan promosi melalui media sosial dengan berinteraksi aktif dengan pelanggan. Melalui komunikasi langsung di platform digital, minimarket dapat memperkuat hubungan, menyediakan informasi produk yang komprehensif, dan mendukung kegiatan sosial. Upaya terus mengembangkan program kepedulian sosial dan ekonomi, seperti program donasi, diharapkan dapat memberdayakan masyarakat sekitar. Dengan demikian, Malindo Minimarket tidak hanya menjadi tempat berbelanja, tetapi juga mitra aktif yang berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat, menjadi minimarket yang menerapkan Strategi Pemasaran Syariah. Kata kunci: Strategi marketing Syariah, marketing mix, manjemen pemasaran, bisnis ritel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ihsan, Nurulexsan987@gmail.comG94218212
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Islam
Manajemen
Pemasaran
Keywords: Strategi marketing Syariah; marketing mix; manjemen pemasaran; bisnis ritel
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Ihsan
Date Deposited: 19 Feb 2024 06:29
Last Modified: 19 Feb 2024 06:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68394

Actions (login required)

View Item View Item