Dinamika relasional NU dan PKB di Kabupaten Jember periode Pemilu 2004-2014

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Roudlotul (2024) Dinamika relasional NU dan PKB di Kabupaten Jember periode Pemilu 2004-2014. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roudlotul Masruroh_07040420030.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Roudlotul Masruroh_07040420030_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perolehan kursi DPRD Jember oleh partai PKB selama kurun waktu 10 tahun mengalami ketidakstabilan bahkan menurun drastis pada tahun 2009 sehingga peneliti tertarik untuk menggali terkait hubungan relasional antara PKB dengan kelompok masyarakat yang menjadi organisasi mayoritas sekaligus orang tua atas lahirnya PKB yakni NU di Jember. rumusan masalah dari peneliti ini adalah Bagaimana dinamika relasional NU dan PKB di Kabupaten Jember Periode Pemilu 2004-2014?, dan, Bagaimana dampak dinamika relasional NU dan PKB di Kabupaten Jember periode pemilu 2004-2014? Untuk menjawab permasalah ini, peneliti menggunakan teori elite oleh robert Putnam dan teori hubungan antara negara dan LSM/NGO oleh James V. Ryker dengan metode penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian fenomenologi, dalam penelitian kualitatif ini, peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dukumentasi. Hasil penelitian tentang dinamika relasional NU dan PKB di kabupaten Jember sepanjang tahun 2004-2014, terdapat tiga bentuk dinamika yakni, kolaborasi, konfliktual dan rekonsiliasi, Dalam dinamika kolaborasi, PKB Jember mengusung kerjasama idealistik dengan nilai-nilai Islam Ahlusunnah Waljamaah, seperti pengabdian kepada Allah, kebenaran, kejujuran, keadilan, persatuan,persaudaraan, dan kebersamaan. Sementara itu, implementasi kolaborasi realistik dengan menciptakan lingkungan yang mendukung operasi untuk kemashlahatan umat melalui alokasi dana, fasilitas, dan kebijakan. Dinamika konfliktual di internal PKB Jember mencakup perbedaan pandangan yang memicu perpecahan menjadi dua kubu dan munculnya PKB tandingan. Dinamika Resolusi konflik dicapai melalui pemisahan antara PKNU dan PKB. Dinamika Rekonsiliasi juga terlihat di PKB Jember berupaya memulihkan hubungan dengan NU melalui semangat persatuan, menghindari adu domba, dan menyatukan kekuatan politik dalam PKB. Serta Dampak yang terjadi yakni, Dampak Dinamika Kolaborasi berimbas pada hal positif yang terlihat peningkatan suara dan kursi PKB di DPRD Jember, serta kesuksesan dalam pilkada memiliki hak istimewa dalam regulasi kebijakan bupati, dampak dinamika konfliktual Konflik ini melibatkan pengurus NU di tingkat ranting, mengakibatkan penggunaan sumber daya, tenaga, dan pikiran yang sia-sia. Hubungan dan komunikasi antara NU dan PKB pun terganggu, terjadi insiden perbedaan pandangan dalam FPKB, serta pelanggaran norma dan regulasi yang berimbas pada kehidupan bermasyarakat dengan pemaknaan yang berbeda. Dampak dinamika rekonsiliasi ini berhasil memperbaiki kepercayaan warga NU terhadap PKB, sekaligus mengambil pelajaran berharga dari kejadian masa kelam agar tidak terulang kembali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Roudlotulroudlotulmasruroh@gmail.com07040420030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Subjects: Politik
Partai Politik
Nahdlatul Ulama
Keywords: Dinamika relasional; Pemilu; NU; PKB
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: roudlotul masruroh
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:00
Last Modified: 07 Feb 2024 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68401

Actions (login required)

View Item View Item