Sistem pembinaan ideologi gerakan dakwah salafi di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Effendy, Khusnul Fathoni (2023) Sistem pembinaan ideologi gerakan dakwah salafi di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Fathoni Effendy_F23416184 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Khusnul Fathoni Effendy_F23416184 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Gerakan dakwah salafi merupakan pelopor gerakan Iṣlah (reformasi) yang muncul menjelang masa-masa kemunduran dan kebekuan pemikiran di dunia Islam. Gerakan ini mengajak umat Islam untuk kembali pada tradisi Salaf (generasi pertama Islam atau para sahabat Nabi SAW) dan berpegang teguh pada al-Qur’an dan al-Sunnah al-Ṣaḥiḥah. Gerakan ini memiliki beragam pola dalam menyikapi dinamika kontemporer, sehingga melahirkan tiga faksi utama, yaitu: salafi puritan, politik, dan jihadis. Penyebarannya dengan pola yang sangat kuat hingga ada kalangan mahasiswa yang terpengaruh dengan gerakan tersebut. Penelitian ini menganalisis gerakan dakwah salafi beserta dinamika keagamaan yang melatarinya seperti laju perkembangan dan pembinaan manhaj dan ideologi di perguruan tinggi (yaitu: Universitas Brawijaya (UB) Malang dan Universitas Negeri Malang (UM). Penelitian ini menjawab pertanyaan: Bagaimana perkembangan dan sistem pembinaan ideologi gerakan dakwah salafi di Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM)?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sehingga bersifat fleksibel, mampu mendekati objek penelitian dengan pemikiran terbuka, dan tidak membuat asumsi sebelum penelitian dimulai. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam; observasi partisipasi; dan studi dokumentasi. Di dalam menganalisis data, dilakukan dua tahap, yaitu: analisis data individu (individual cases); dan analisis data lintas kasus (cross-cases analysis). Analisis tahap data pertama mengikuti analisis data interaktif model Miles dan Huberman, sedangkan analisisi data tahap kedua melalui pola membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing kasus dan sekaligus memadukan antar kasus di Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM). Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui derajat kepercayaan (creadibility), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Penelitian ini menemukan: pertama, perkembangan gerakan dakwah salafi terutama manhaj dan ideologinya dilakukan dengan proses dialektis intelektual. Walaupun, mereka sangat “alergi” terhadap rasionalitas dalam keberagamaan, dan ingin membebaskan keberagamaan sivitas akademika dari khurafat, bid’ah, dan tahayul. Oleh karena itu, gerakan ini dikembangkan berlandasan karakteristik keagamaan yang berpahaman ultrakonservatif; dan kedua, gerakan dakwah salafi melakukan pembinaan melalui internalisasi manhaj dan ideologi dakwah salafi secara doktrinatif yang dikembangkan melalui pengajian-pengajian secara kontinyu dengan menerjemahkan hasrat pemurnian doktrin Islam dalam keberagamaan sivitas akademika. Karenanya, mereka menolak pemahaman kontekstual atas teks-teks normatif keagamaan (al-Qur’an dan al-Hadith).
Temuan lain, bahwa pengembangan dan pembinaan gerakan dakwah salafi dilakukan melalui syiar pendidikan dengan tekad kembali pada tekstual keagamaan dan a-historis. Melalui paradigma perenialis-tekstualis ini, pengembangan dan pembinaan gerakan dakwah salafi diorientasikan untuk melestarikan ideologi salafi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Effendy, Khusnul Fathonikhusnulfathoni62@gmail.comF23416184
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorMughni, Syafiq Amughni54@yahoo.com2015065401
Subjects: Ideologi Islam
Keywords: Gerakan Dakwah; Dakwah Salafi
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Khusnul Fathoni Effendy
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:50
Last Modified: 12 Feb 2024 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68413

Actions (login required)

View Item View Item