Analisis internalisasi nilai-nilai agama dan moral anak usia dini melalui film Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Machmudah, Nurul (2024) Analisis internalisasi nilai-nilai agama dan moral anak usia dini melalui film Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Machmudah_06040920058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nurul Machmudah_06040920058_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh dekadensi agama dan moral anak usia dini, yang dibuktikan sendiri oleh peneliti melalui lingkungan sekitar saat ini, dikarenakan kecanggihan teknologi mampu mengalahkan Pendidikan yang seharusnya diinternalisasikan sejak dini yaitu nilai-nilai agama dan moral. Pentingnya memanfaatkan media massa yaitu Youtube karena media ini menjadi media yang sangat digemari oleh anak-anak usia dini. Penelitian ini memberikan persembahan tontonan film series yang sangat di sarankan dan telah dibuktikan juga oleh peneliti, bahwa film ini layak untuk ditayangkan dan dilihat oleh anak usia dini, internalisasi nilai-nilai agama dan moral bisa di salurkan melalui film ini. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana desain film Nussa dan Rara pada episode maaf, dahsyatnya basmalah dan sholat itu wajib? 2) Bagaimana internalisasi nilai agama dan moral bagi anak usia dini pada film Nussa dan Rara? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan analisis konten. Pengumpulan datanya menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu desain dari film ini desain film ini meliputi beberapa tokoh dan karakternya mulai dari tokoh utama yaitu Nussa dan Rara, Umma, Abba, Nur dan Iboy, Anta sebagai kucing kesayangan Nussa dan Rara, Setan sebagai karakter pengganggu di episode dahsyatnya basmalah. Serta genre film nya merupakan genre animasi, hingga beberapa sinopsis dari film nussa dan rara, mulai dari episode maaf, dahsyatnya basmalah, dan sholat itu wajib. Kemudian ada internalisasi dari film Nussa dan rara, internalisasi nilai-nilai agamanya ada nilai iman dan taqwa, kemudian nilai-nilai moralnya ada nilai kasih sayang, nilai disiplin, serta kebaikan hati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Machmudah, Nurulnurulmachmudah1009@gmail.com06040920058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafii, ImamImams@uinsa.ac.id2020117003
Thesis advisorDwijo, Al-Qudus Nofiandri Eko Suciptoalqudusnes@gmail.com197311162007101001
Subjects: Anak
Pendidikan
Keywords: Internalisasi nilai-nilai agama dan moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nurul Machmudah
Date Deposited: 04 Mar 2024 08:24
Last Modified: 04 Mar 2024 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68424

Actions (login required)

View Item View Item