Analisis qard dan kuhperdata terhadap hutang piutang dengan jasa membiayai kuliah di Kutisari 1a Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Usmaniyah, Sirril Latifah (2023) Analisis qard dan kuhperdata terhadap hutang piutang dengan jasa membiayai kuliah di Kutisari 1a Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sirril Latifah Al Usmaniyah_05020220073 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Sirril Latifah Al Usmaniyah_05020220073 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.

Download (13MB)

Abstract

Penulisan dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pola berfikir induktif. Skripsi ini dibuat untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah:1) Bagaimana praktik hutang piutang dengan jasa membiayai kuliah di Kutisari 1A Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya? 2) Bagaimana analisis Qaṛ dan KUHPerdata terhadap hutang piutang dengan jasa membiayai kuliah di Kutisari 1A Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya?. Hasil penelitian ini menyimpulkan:Pertama, praktik hutang piutang yang dilakukan Alice dan Dara diawali bulan Januari 2022 dengan akad pinjam meminjam pada umumnya yang disertai ketentuan sebagai balas jasa membiayai kuliah. Objek hutangnya uang sejumlah Rp.1.500.000 dan batas waktu pembayarannya bulan Februari 2022, namun hutang piutang tidak berakhir dan berlanjut hingga bulan Desember 2022. Hutang piutang ini memiliki masalah dalam pembayaranya dimana Dara tidak mau membayar hutangnya dan mengancam akan bunuh diri jika hutangnya ditagih. Kedua, 1. Prespektif Qaṛ terhadap Praktik Hutang Piutang Dengan Jasa Membiayai Kuliah Di Kutisari 1A Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya yang dilakukan oleh Alice dan Dara sah menurut hukum Islam dan Prespektif KUHPerdata terhadap Praktik Hutang Piutang Dengan Jasa Membiayai Kuliah Di Kutisari 1A Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya yang dilakukan oleh Alice dan Dara sah menurut hukum perdata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Usmaniyah, Sirril Latifahlatifahsirril@gmail.com05020220073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifadhi18@gmail.com10210181112
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Hutang piutang; Pinjaman
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sirril Latifah Al Usmaniyah
Date Deposited: 12 Feb 2024 05:49
Last Modified: 12 Feb 2024 05:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68425

Actions (login required)

View Item View Item