Uji akurasi arah kiblat masjid di Surabaya: studi kasus di SDN Pacarkeling V dan SMPN 29

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Andini Permata (2024) Uji akurasi arah kiblat masjid di Surabaya: studi kasus di SDN Pacarkeling V dan SMPN 29. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andini Permata Hadi_C97217026 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Andini Permata Hadi_C97217026 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Untuk memperoleh data yang akurat maka digunakanlah dua jenis data yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pihak sekolah terkait dan melakukan observasi langsung di lapangan Data sekunder didapatkan dari buku, artikel, jurnal, dan arsip terkait dengan objek penelitian. Teknik analisis data menggunakan analitis dan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yakni: wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pengukuran arah kiblat saat pendirian kedua masjid tersebut tidak diketahui, menyesuaian kiblat yang digunakan saat ini hanya dilakukan dengan aplikasi arah kiblat pada ponsel. Kesimpulan berikutnya, penelitian terhadap masjid dari dua sekolah tersebut dengan menggunakan azimuth dan mizwala, serta google earth terdapat deviasi. Masjid SDN Pacarkeling V dengan nilai deviasi 0° 4', dan masjid SMPN 29 Surabaya dengan nilai deviasi 6°. Penulis memberikan saran dalam penelitian ini yaitu perlu adanya catatan arsip resmi berupa dokumentasi dan refrensi literasi terkait dengan penelitian arah kiblat yang pernah dilakukan oleh pihak sekolah, dan meminta bantuan kepada pihak-pihak berwenang atau terkait yang paham dan mengerti keilmuwannya guna menentukan arah kiblat tempatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, Andini Permatapermatandini.ap@gmail.comC97217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@gmail.com0716088604
Subjects: Masjid
Salat
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Falak
Keywords: Uji akurasi arah kiblat; Arah kiblat; Kiblat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Andini Permata Hadi
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:50
Last Modified: 27 Feb 2024 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68454

Actions (login required)

View Item View Item