Resiliensi komunitas dan bentuk adaptasi masyarakat Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya terhadap banjir rob

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faishal, Riza Achmad (2023) Resiliensi komunitas dan bentuk adaptasi masyarakat Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya terhadap banjir rob. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riza Achmad Faishal_H04219018 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Riza Achmad Faishal_H04219018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2027.

Download (5MB)

Abstract

Banjir rob sering terjadi di pesisir pantai Indonesia seperti daerah Jakarta bagian utara, Surabaya, Semarang, Gresik, Lamongan, dan Tuban. Salah satu wilayah yang rawan terhadap bencana ialah Kota Surabaya. Surabaya memiliki 3 kecamatan yang sering terdampak banjir rob antara lain Kecamatan Asemrowo, Kecamatan Bulak, dan Kecamatan Krembangan. Kecamatan Krembangan merupakan Kecamatan yang paling rentan terkena dampak banjir rob yaitu Kelurahan Morokrembangan. Bencana yang selalu menjadi keresahan masyarakat sekitar karena wilayah pemukiman yang ada tertutup air dikarenakan banjir. Pada penelitian ini membahas tentang resiliensi komunitas dan bentuk adaptasi masyarakat terhadap banjir rob. Metode penelitian menggunakan deskriptf kuantitatif, dengan tingkat ketahanan mengacu pada Radar Ressilien Index (RRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat resiliensi masyarakat memiliki nilai sebesar 0,56 dan mencapai kategori sedang. Dimensi kelembagaan memiliki nilai sebesar 0,39 berkategori rendah. Hal ini menandakan bahwa minimnya kesadaran masyarakat untuk membuat komunitas dan program untuk mengantisipasi dan mengatasi bencana banjir rob. Bencana banjir rob memberi dampak kerusakan secara fisik pada rumah dan lingkungan. Kategori bentuk adaptasi memiliki nilai sebesar 188 dan mencapai kategori sedang yang menunjukkan bahwa masyarakat hanya melakukan rehabilitasi dan renovasi yang hanya memerbaiki aset tanpa menambah kualitas atau fungsinya. Hal ini menandakan bahwa bentuk adaptasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat terhadap kondisi fisik lingkungan dan bangunan rumah selalu sejalan dengan kerusakan yang terjadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faishal, Riza Achmadrizaachmad16@gmail.comH04219018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma@uinsby.ac.id2018118102
Subjects: Bencana alam
Ilmu Kelautan
Keywords: Resiliensi; Bentuk adaptasi; Banjir Rob; Kecamatan Krembangan; Radar Ressilience Index (RRI)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Riza Achmad Faishal
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:13
Last Modified: 21 Feb 2024 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68476

Actions (login required)

View Item View Item