This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmah, Ni’matur (2015) KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH : STUDI KASUS SMP JATI AGUNG WAGE SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pola kepemimpinan partisipatif, menemukan upaya apa yang dilakukan kepala sekolah dalam mengimplementasikan kepemimpinan partisipatif untuk pengelolaan kelembagaan, serta menemukan kendala apa saja yang dihadapi kepala sekolah dalam mengimplementasikan kepemimpinan partisipatif.
Gaya kepemimpinan partisipatif merupakan gaya kepemimpinan yang menitik beratkan kepada usaha pemimpin dalam melibatkan partisipasi para pengikutnya dalam proses pengambilan keputusan. Pelibatan tersebut akan berdampak positif terhadap rasa ikut memiliki dan tanggung jawab dalam upaya mencapai tujuan.
Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Tenik pengambilan data yang digunakan ialah wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pola kepemimpinan partisipatif kepala sekolah SMP Jati Agung Wage Sidoarjo menerapkan gaya kepemimpimpinan yang bersifat demokratis dalam kinerjanya, dan dengan komunikasi yang baik dan motivasi yang tinggi kepada seluruh bawahan untuk menciptakan situasi yang nyaman dan kondusif.
Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengimplementasikan kepemimpinan partispatif untuk pengelolaan kelembagaan yakni pengorganisasian yang di dalamnya terdapat proses perincian tugas-tugas yang lebih spesifik sehingga tugas tersebut lebih mudah untuk di distribusikan kepada para bawahannya
Salah satu bentuk penerapan dari kepemimpinan partisipatif kepala sekolah kepala sekolah selalu mengikuti kebijakan-kebijakan dari dinas pendidikan, selalu pro aktif dalam keterlibatan kelembagaan, mengikutsertakan para guru berbagai pelatihan MGMP dan kepala sekolah juga mengikuti pelatihan MKKS.
Kendala-kendala yang muncul atau yang timbul dalam mengembangkan lembaga adalah dari faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yang menjadi kendala dalam lemahnya minat kerja, menurunnya kinerja dari setiap staf-staf lembaga. Faktor ekstern misalnya hujan dan juga kurangnya partisipasi wali murid dalam menghadiri pertemuan yang diadakan lemba
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Mustofa | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kepemimpinan | ||||||
Keywords: | Kepemimpinan; kepala sekolah | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 3213 not found. | ||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2016 02:04 | ||||||
Last Modified: | 17 Jun 2016 03:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6848 |
Actions (login required)
View Item |