Pemberdayaan ibu-ibu Mina Makmur Sejahtera dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui pengolahan ikan lele di Dusun Ngumpak Desa Ngrandulor Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasyiva, Salwa Widad (2023) Pemberdayaan ibu-ibu Mina Makmur Sejahtera dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui pengolahan ikan lele di Dusun Ngumpak Desa Ngrandulor Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salwa Widad Nasyiva_B92219129 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Salwa Widad Nasyiva_B92219129 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendampingan kepada ibu-ibu Mina Makmur Sejahtera di Dusun Ngumpak, dengan fokus pemanfaatan aset ikan lele yang dimiliki. Bagaimana strategi yang dilakukan ibu-ibu dalam memanfaatkan potensi melalui pengolahan ikan lele. Lalu Bagaimana hasil yang diperoleh dari pemberdayaan yang dilakukan ibu-ibu dalam pengolahan ikan lele. Proses pendampingan dilakukan menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yaitu pendekatan berbasis aset serta potensi yang dimiliki oleh masyarakat sendiri dengan 5 tahapan, yakni:, discovery, dream, design, define, dan destiny. Proses aksi yang dilakukan dengan mengolah ikan lele sebagai produk frozen food menjadi makanan nugget ikan lele dan tahu walik ikan lele. Dengan kreatifitas dan kemampuan ibu-ibu dalam mengolah bahan pangan yang biasa dijual dengan harga murah menjadi makanan yang cukup memiliki nilai jual lebih tinggi. Masyarakat mampu secara mandiri dalam berkreasi dan berinovasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasyiva, Salwa Widadsalwawidadnasyiva@gmail.comB92219129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Ekonomi
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan ekonomi; ibu-ibu kelompok perempuan; pengolahan ikan lele.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Salwa Widad Nasyiva
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:00
Last Modified: 21 Feb 2024 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68480

Actions (login required)

View Item View Item