Estimasi stok karbon di kawasan hutan mangrove Desa Pasar Banggi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Chairani Kusuma (2023) Estimasi stok karbon di kawasan hutan mangrove Desa Pasar Banggi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chairani Kusuma Dewi_H94219045 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Chairani Kusuma Dewi_H94219045 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Mangrove dapat menyerap karbon dari udara melalui proses fotosintesisnya serta menyimpannya ke dalam tanah atau sedimen lumpur. Salah satu penyebab penurunan produktivitas mangrove di Rembang adalah perubahan aktivitas di wilayah pesisir akibat semakin terbukanya tambak (udang, bandeng, dan garam). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stok karbon wilayah pesisir Desa Pasar Banggi dan tingkat akurasi dalam penggunaan metode EVI (Enhanced Vegetation Index) dan ARVI (Atmospherically Resistant Vegetation Index). Penelitian ini menggunakan citra landsat 8 untuk mengetahui perubahan lahan mangrove. Berdasarkan perhitungan indeks vegetasi EVI didapatkan hasil paling luas adalah pada cadangan karbon 27,78951 tonC/ha yaitu dengan luas 12160,53 ha. Estimasi cadangan karbon dari perhitungan indeks vegetasi ARVI didapatkan hasil paling luas adalah pada cadangan karbon 27,78907 tonC/ha yaitu dengan luas 9919,08 ha. Semakin tinggi indeks vegetasi, semakin tinggi pula total biomassa, kandungan karbon pada permukaan, dan kandungan karbon pada indeks vegetasi. Selain itu, semakin tinggi kandungan karbon pada permukaan, semakin tinggi pula kandungan karbon pada indeks vegetasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Chairani Kusumachairanikusumadewi03@gmail.comH94219045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Andik Dwi----
Thesis advisorFahmi, Muhammad Yunanmyunanf@gmail.com--
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Stok karbon; EVI; ARVI
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Chairani Kusuma Dewi
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:55
Last Modified: 19 Feb 2024 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68485

Actions (login required)

View Item View Item