Kolaborasi state non state dalam tata kelola pengembangan bumdes di desa Sukorejo kecamatan Kebomas kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Retnawati, Retno (2024) Kolaborasi state non state dalam tata kelola pengembangan bumdes di desa Sukorejo kecamatan Kebomas kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Retno Retnawati_10010120020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 February 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Retno Retnawati_10010120020 OK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus terkait bagaimana proses kolaborasi aktor state – non state dalam tata kelola pengembangan BUMDes. Kolaborasi dilakukan karena ketidakmampuan pemerintah desa untuk berdiri sendiri dalam mengembangkan BUMDes. Oleh karena itu butuh pihak ketiga yaitu perusahaan untuk bekerjasama dalam mengembangkan BUMDes serta keikutsertaan masyarakat juga. Kolaborasi yang dilakukan oleh pemerintah desa dengan pihak non pemerintah merupakan bentuk dari collborative governance. Dalam collaborative governance terdapat 4 variabel penting yaitu kondisi awal, desain kelembagaan, kepemimpinan fasilitatif dan proses kolaborasi. Proses kolaborasi dalam collaborative governance diawali dengan dialog tatap muka, membangun kepercayaan, komitmen terhadap proses, pemahaman bersama, dan hasil antara. Untuk menekankan kembali bagaimana dinamika antar aktor penelitian ini menggunakan teori contextual interaction yang terdapat tiga karakteristik utama sebagai kekuatan pendorong aktor untuk berkolaborasi yaitu motivasi, kognisi, sumber daya. Penelitian ini menggunakan dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, conclusion drawing. Kemudian teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Untuk teknik validasi data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Berdasarkan data lapangan yang telah peneliti lakukan bahwa proses kolaborasi yang terjadi antara pemerintah desa dengan PT Gloster Furniture dan PT Petrokimia dalam mengembangkan BUMDes Sukorejo berawal dari sebuah konflik di masa lalu yang kemudian dinegosiasikan menjadi suatu benefit yaitu bentuk kerjasama. Proses kolaborasi yang diawali dari dialog tatap muka hingga hasil antara sudah berjalan dengan baik, meskipun terdapat masalah terkait dengan pemahaman bersama ketika proses kerjasama berlangsung serta masih ada ketertutupan pihak pemerintah desa tekait transparansi dana. Akan tetapi kolaborasi antara pemerintah desa dengan PT Gloster Furniture dan PT Petrokimia sampai saat ini telah membuktikan bahwa program kerjasama yang dijalankan benar – benar telah berhasil dan memberikan output kepada masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Retnawati, Retnoretnoretnawati@gmail.com10010120020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAniek, NurhayatiUNSPECIFIED196909071994032001
Subjects: Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Tata Kelola Kolaboratif; Interaksi Kontekstual
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Retno Retnawati
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:59
Last Modified: 28 Feb 2024 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68524

Actions (login required)

View Item View Item