Pemilu berintegritas di level local: studi kasus penentuan daftar pemilih tetap di Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Tahun 2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaeni, Windi (2023) Pemilu berintegritas di level local: studi kasus penentuan daftar pemilih tetap di Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Tahun 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Windi Isnaeni_10010120026 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Windi Isnaeni_10010120026 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika-problematika pada penentuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Serta mengkaji cara dan upaya PPK sebagai penyelenggara pemilu tingkat kecamatan dalam mewujudkan daftar pemilih yang valid. Penentuan daftar pemilih yang valid mampu mewujudkan adanya pemilu yang berintegritas. Pemilu berintegritas merupakan poin penting bagi keberlangsungan demokrasi elektoral yang substansial. Namun, dari data penelitian-penelitian terdahulu, kasus ketidakakuratan Daftar Pemilih Tetap selalu menjadi masalah yang tiada hentinya dari pemilu ke pemilu, seperti kerap dijumpai data ganda, pemilih yang pindah domisili atau sudah meninggal, dan masih banyak lagi. Hasil temuan menunjukkan bahwa terdapat banyak problematika pada proses penentuan DPT di Kecamatan Wanareja, seperti penentuan jumlah TPS yang berubah-ubah, anggaran yang kurang, serta kurang profesionalnya badan penyelenggara adhoc, kemudian yang menjadi sorotan lebih adalah kesalahan dalam pencatatan nomor kartu keluarga. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi dan wawancara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaeni, Windiwindiisnaeni72@gmail.com10010120026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Moh. Ilyasilyasrolis@gmail.com2018047701
Subjects: Politik
Keywords: daftar pemilih; pemilu berintegritas; panitia pemilihan kecamatan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Windi Windi Isnaeni
Date Deposited: 29 Feb 2024 00:40
Last Modified: 29 Feb 2024 00:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68527

Actions (login required)

View Item View Item