Modal sosial sebagai strategi kemenangan Joko Widodo pada Pilkades tahun 2019 dalam menghadapi incumbent: studi Kasus di Desa Siwalan Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kasanah, Nikmatul (2023) Modal sosial sebagai strategi kemenangan Joko Widodo pada Pilkades tahun 2019 dalam menghadapi incumbent: studi Kasus di Desa Siwalan Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nikmatul Kasanah_10040120090.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nikmatul Kasanah_10040120090 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari pelaksanaan Pilkades Siwalan tahun 2019. Fenomena menarik muncul dari seorang kepala desa yang sebelumnya telah menjabat selama satu periode pada tahun 2002 hingga 2007, kemudian mengalami kekalahan pada Pilkades tahun 2007, namun berhasil terpilih kembali pada Pilkades tahun 2019 dengan menghadapi lawan politik yang sama yaitu kepala desa incumbent yang memimpin Desa Siwalan selama dua periode. Dengan fokus penelitian : 1. Bagaimana modal sosial Joko Widodo dalam memenangkan Pilkades Siwalan Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro tahun 2019 dalam menghadapi incumbent?, 2. Bagaimana modal sosial Joko Widodo dimanfaatkan sebagai strategi pemenangan pada Pilkades Siwalan Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan kerangka berpikir teori modal sosial Robert Putnam. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala desa terpilih, tim sukses Joko Widodo, tim sukses Nur Aini, keluarga Joko Widodo dan masyarakat Desa Siwalan. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, modal sosial berupa kepercayaan masyarakat terbentuk ketika Joko Widodo menjabat sebagai kepala desa pada tahun 2002 hingga 2007, jaringan keluarga dan interaksi yang intens dengan kelompok petani dan tim sukses. Kedua, modal sosial Joko Widodo dimanfaatkan sebagai strategi kemenangan dengan memanfaatkan integritas pada saat memimpin Desa Siwalan pada tahun 2002 hingga 2007, melakukan interaksi dengan masyarakat melalui safari ramadhan, menjanjikan program desa pada saat kampanye dan memanfaatkan latar belakang pekerjaan jaringan keluarga, kelompok petani dan tim sukses untuk menambah kantong suara. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman strategi politik lokal dan penerapan teori modal sosial dalam konteks Pilkades.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kasanah, Nikmatulnikmatulksnh24@gmail.com10040120090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhaq, M. Zimamulzimamulkhaq@ymail.com--
Subjects: Kepala Desa
Keywords: Modal Sosial; Strategi Kemenangan; Pilkades.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nikmatul Kasanah
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:32
Last Modified: 26 Feb 2024 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68532

Actions (login required)

View Item View Item