Analisis indikator literasi sains buku ajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kurikulum merdeka kelas VII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fairuz, Putri Tasyana Wihar (2023) Analisis indikator literasi sains buku ajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kurikulum merdeka kelas VII. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Tasyana Wihar Fairuz_D0A218018.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Putri Tasyana Wihar Fairuz_D0A218018_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing I: Sri Hidayati L, SKM, M.Kes, dan pembimbing II: Atiqoh Zummah, M.Sc Kata Kunci: Indikator Literasi Sains, Kurikulum Merdeka, Buku Ajar IPA Kelas VII Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dunia pendidikan yang berkembang pesat serta menuntut kompetensi literasi sains di abad 21. Sedangkan di Indonesia, data PISA menyatakan bahwa kemampuan rata-rata literasi sains masih rendah dari rata�rata OECD, yaitu 396 dari 500. Begitu pula penggunaan buku ajar IPA di Indonesia sebagai salah faktor yang andil dalam kegiatan pembelajaran memiliki keempat indikator literasi sains yang kurang merata. Buku ajar tentu harus memenuhi komponen penting seperti kelengkapan indikator literasi sains dan keselarasan muatan literasi sains. Selain itu, kurikulum merdeka baru saja diimplementasikan pada tahun ajaran 2022-2023 sehingga hingga kini belum terdapat penelitian mengenai analisis mengenai kelengkapan dan keselarasan indikator literasi sains buku ajar IPA dengan kurikulum merdeka. Untuk itu perlu dilaksanakan penelitian yang berguna untuk mengetahui kelengkapan indikator literasi sains dan keselarasan muatan literasi sains. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis konten data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kelengkapan indikator literasi sains dan keselarasan muatan literasi sains pada buku ajar IPA kurikulum merdeka kelas VII. Analisis yang diteliti dari penelitian ini adalah analisis kelengkapan indikator literasi sains yang terdapat dalam seluruh isi buku ajar IPA. Teknik pengumpulan data berupa pengecekan satu-persatu isi buku secara teliti dan dokumentasi bukti identitas buku serta isi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan tabel kesepakatan pengamatan tim ahli. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 3 Candi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan isi buku ajar IPA telah memenuhi kelengkapan dan keselarasan yang terintegrasi oleh indikator literasi sains. Pada kelengkapan buku ajar IPA kurikulum merdeka kelas VII, diperoleh persentase yang mendominasi oleh indikator sains laksana jasmani pengetahuan sebesar 69.70%, indikator sains laksana bentuk penyelidikan sebesar 11.78%, indikator sains laksana kerangka berpikir sebesar 12.62%, dan interaksi antara sains, teknologi, dan masyarakat sebesar 5.90%. Sedangkan pada keselarasan buku ajar IPA kurikulum merdeka kelas VII yang terintegrasi muatan literasi sains menghasilkan nilai 85% dengan kategori “Sangat Selaras”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fairuz, Putri Tasyana Wiharputritasyana@gmail.comD0A218018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsby.ac.id199111112019032026
Subjects: Biologi
Fisika
Kimia
Keywords: Indikator literasi sains; kurikulum merdeka; buku ajar IPA kelas VII
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Putri Fairuz
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:51
Last Modified: 27 Feb 2024 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68551

Actions (login required)

View Item View Item