Pendampingan kader posyandu dalam pencegahan stunting melalui budidaya toga di Dusun Setrohadi Desa Setrohadi Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Leodiar, Myrra Cintana (2023) Pendampingan kader posyandu dalam pencegahan stunting melalui budidaya toga di Dusun Setrohadi Desa Setrohadi Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Myrra Cintana Leodiar_B52219049.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Myrra Cintana Leodiar_B52219049_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian pada problematika kesehatan gizi pada balita, yaitu stunting. Permasalahan stunting dipengaruhi oleh masih kurangnya pengetahuan orang tua dalam pemenuhan nutris anak serta pola asuh, kapasitas kader yang belum optimal, serta belum adanya sumber tanaman obat rumah tangga sebagai salah satu sumber pangan sehat masyarakat. Pada penelitian ini bertujauan untuk menjawab permasalahan tersebut tersebut dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana kondisi stunting di Dusun Detrohadi Desa Setrohadi Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik? 2) Bagaimana strategi pendampingan kader posyandu dalam pencegahan stunting melalui budidaya tanaman obat keluarga (TOGA) di Dusun Detrohadi Desa Setrohadi Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik?, dan 3) Bagaimana hasil program pendampingan kader posyandu dalam pencegahan stunting melalui budidaya tanaman obat keluarga (TOGA) di Dusun Detrohadi Desa Setrohadi Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik?. Penelitian ini menggunakan metodologi Participatory Action Research (PAR). Dalam prosesnya riset dilakukan untuk penyadaran masyarakat dengan tools Rapid Rural Apraisal (RRA). Antara lain pemetaan, survei rumah tangga, transek wilayah, kalender harian, wawancara semi terstruktur, Focus Group Discussion, dan dokumentasi. Dalam penyelesaian masalah disusun strategi pendampingan dalam bentuk starategi program yang dapat dianalisis fokus permasalahannya yang terbagi menjadi tiga, yaitu: sumber daya manusia, kelembagaan, dan infrastruktur. Aksi yang berhasil dilakukan untuk menyelesaikan problem kesehatan antara lain: edukasi pemenuhan nutrisi dan pola asuh pada anak, sosialisasi pengoptimalisasian fungsi posyandu dan peningkatan kapasitas kader posyandu, dan pemanfaatan lahan kosong dan perkarangan dalam budidaya tanaman obat keluarga (TOGA). Hasil penelitian yang dilakukan dengan proses pendampingan masyarakat, yaitu munculnya perubahan perilakuka masyarakat dalam pencegahan stunting di Dusun Setrohadi. Indikator perubahan tersebut dapat tercemin dalam aksi budidaya tanaman obat keluarga sebagai sumber obat herbal dan pangan sehat. Dengan adanya edukasi dan sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat maupun kader posyandu menumbuhkan kesadaran masyarakat dan meningkatkan kepeduliaannya dalam pencegahan stunting. Dengan adanya sumber obat herbal dan pangan sehat di dusun maupun pekarangan masyarakat dapat membentuk kebiasaan baru masyarakat untuk menjalankan hidup sehat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Leodiar, Myrra Cintanacintanaleidiar12@gmail.comB52219049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Masyarakat Islam
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Assistance; stunting; herbal medicine
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Myrra Cintanana Leodiar
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:04
Last Modified: 04 Apr 2024 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68557

Actions (login required)

View Item View Item