Analisis kesejahteraan karyawan dan pengemudi ojek online Cak Ed Delivery Lamongan dalam perspektif Maqasid al Shari‘ah Imam al Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, M. Ady (2023) Analisis kesejahteraan karyawan dan pengemudi ojek online Cak Ed Delivery Lamongan dalam perspektif Maqasid al Shari‘ah Imam al Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ady Saputra_G94217099.pdf

Download (2MB)
[img] Text
M. Ady Saputra_G94217099_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kesejahteraan karyawan merupakan topik yang menarik untuk diteliti karena menjadi salah satu indikator penting bagi suatu perusahaan. Karena dengan adanya kesejahteraan pada karyawan maka suatu perusahaan akan bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama. Salah satunya yakni dengan menilai sistem manajemen internal yang dimiliki suatu perusahaan terkait hak-hak karyawan ataupun fasilitas-fasilitas yang ada, akankah bisa memenuhi serta mempertahankan kesejahteraan pada karyawan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis maqa>s{id al-shari>‘ah imam Al-Ghazali pada pemenuhan kesejahteraan karyawan dan pengemudi di Cak Ed Delivery Lamongan. Delivery online menjadi salah satu terobosan yang tepat sebagai salah satu contoh bentuk usaha yang menggunakan teknologi dalam melakukan pekerjaanya. Salah satu bisnis delivery online yang ada di lamongan yakni Cak Ed Lamongan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap Cak Ed Delivery, terkait dengan kesejahteraan karyawan maupun pengemudi (mitra) yang ada didalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian empiris. Penelitian empiris merupakan penelitian yang datanya diperoleh dari fakta lapangan. Kemudian untuk menggali kesejahteraan karyawan, akan dianalisis dengan hak-hak yang harus dipenuhi oleh perusahaan kepada karyawan yang ada dalam Undang-Undang No 13 Tahun 2003, selanjutnya pemenuhan kesejahteraan akan dianalisis menggunakan maqa>s{id al-shari>‘ah yang dikemukakan oleh Imam Al- Ghazali dengan ruang lingkup agama (al-din), jiwa (al-nafs), akal (al-aql), keturunan, (al-nasl) dan harta (al-maal). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, wawancara terhadap pihak Cak Ed Delivery Lamongan. Data yang diperoleh akan dianalisis berdasarkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kesejahteraan pada karyawan maupun mitra Driver pada Cak Ed Delivery Lamongan ini sudah sesuai dengan Undang-undang no 13 tahun 2003 tentang hak-hak perlindungan terhadap karyawan. Serta sudah terpenuhuinya dalam perspektif maqa>s{id al-shari>‘ah sudah terlindungi dari tingkatan dharuriyyah dan tahsiniyah, namun dalam mas{lah{ah al- khasah masih kurang terpenuhi lantaran kurangnya informasi antar karyawan maupun mitra driver. Penulis memberikan saran kepada pihak Cak Ed Delivery Lamongan untuk dapat memberikan upah yang lebih disesuaikan dan mengadakan sharing season secara rutin agar antar karyawan lebih dekat dan paham satu sama lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, M. Adymuhammad.ady.s@gmail.comG94217099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Jual Beli
Islam > Pedoman Hidup
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Maqasid al Shari‘ah; kesejahteraan karyawan; Cak Ed Delivery Lamongan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ady Saputra
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:05
Last Modified: 26 Feb 2024 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68558

Actions (login required)

View Item View Item