Pengembangan media game edukatif berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 22 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Escha, Mahiyah Najuba (2023) Pengembangan media game edukatif berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahiyah Najuba Escha_D01219030 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Mahiyah Najuba Escha_D01219030.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengembangkan media game edukatif berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 22 Surabaya. 2). Mengetahui keefektifan media game edukatif berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 22 Surabaya. 3). Mengetahui respons peserta didik terhadap penggunaan game edukatif berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 22 Surabaya. Adapun metode yang digunakan dalam metode R&D (research and development). Metode pengembangan menggunakan ADDIE. Pendekatan kualitatif yang digunakan untuk menjawab permasalahan, untuk mengetahui proses pengembangan media game edukatif berbasis android dan untuk mengetahui penggunaan media game edukatif berbasis android pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Pendekatan kuantitatif untuk mengetahui kevalidan media game edukatif berbasis Android dan respon siswa terhadap penggunaan media game edukatif berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Hasil penelitian ini menunjukkan 1). Proses pengembangan media game edukatif berbasis Android berupa aplikasi game dengan materi dalam game mengcompare Alqur'an dan penelitian ilmuan sains dikemas dalam sebuah teknologi masa kini berupa game 3D RPG. Pengembangan media game edukatif berbasis android menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. 2). Validasi media game edukatif berbasis Android, menunjukkan media Sangat valid tanpa revisi yang berdasarkan ahli materi 98, 75%, ahli media 98,75% dan ahli pengguna berdasarkan materi 100% dan media 100%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa materi dan media pembelajaran disajikan dengan baik secara keseluruhan pada kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. 3). Respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Yaqro sains yaitu game edukatif berbasis Android yang berisi audio, visual dan evaluasi materi tentang alam semesta sebagai tanda kekuasaan Allah sangat praktis dengan penilaian 95,25% dan berdasarkan hasil kuesioner dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 22 Surabaya sebesar 22,73%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Escha, Mahiyah Najubanajubaescha@gmail.comD01219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Game Online
Teknologi
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Game edukatif; android; motivasi belajar; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahiyah Najuba Escha
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:08
Last Modified: 26 Feb 2024 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68574

Actions (login required)

View Item View Item