Kontroversi kebijakan sistem zonasi pendidikan di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hastono P, Ahmad Tanzii Hasbullah (2023) Kontroversi kebijakan sistem zonasi pendidikan di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Tanzii Hasbullah Hastono P_10040320078 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ahmad Tanzii Hasbullah Hastono P_10040320078 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem zonasi pendidikan di kota Surabaya, pandangan wali murid mengenai kontroversi kebijakan sistem zonasi pendidikan, keberhasilan pemerataan pendidikan dengan adanya kebijakan sistem zonasi pendidikan, dampak kebijakan sistem zonasi pendidikan terhadap siswa dan guru, analisis teori struktural fungsional pada penerapan kebijakan sistem zonasi dan perilaku rasionalitas terbatas wali murid dalam pemilihan lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan mtode fenomonologi. Subjek penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling, yaitu siswa, guru, wali murid dan dinas pendidikan Kota Surabaya. teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihimpun dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek pencermatan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan kebijakan sistem zonasi pendidikan telah dilaksanakan sejak tahun 2019 yang dilakukan pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Wali murid memiliki 3 pandangan yang berbeda terhadap kontroversi kebijakan sistem zonasi pendidikaan, yakni pro, kontra dan netral. Kebijakan sistem zonasi pendidikan ini sangat mempengaruhi pemerataan pendidikan di Kota Surabaya. Bentuk pemerataan pendidikan ini dapat dilihat dari terpenuhinya setiap pagu yang dimiliki oleh sekolah. Perilaku rasionalitas terbatas dalam penentuan lembaga pendidikan juga sangat mempengaruhi pemerataan pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hastono P, Ahmad Tanzii Hasbullahahmadtanzil7@gmail.com10040320078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, IsaUNSPECIFIED2006056701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Pendidikan; kebijakan; sistem zonasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ahmad Tanzii Hasbullah Hastono P
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:16
Last Modified: 26 Feb 2024 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68585

Actions (login required)

View Item View Item