Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing bersarana laboratorium IPA terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi listrik dinamis kelas ix di SMP Negeri 19 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Febrianti Galuh Kirana (2023) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing bersarana laboratorium IPA terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi listrik dinamis kelas ix di SMP Negeri 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febrianti Galuh Kirana Putri_D0A219004.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Febrianti Galuh Kirana Putri_D0A219004_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains pada siswa kelas IX di SMP Negeri 19 Surabaya. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan merupakan model pembelajaran konvensional yang pada materi listrik dinamis sehingga menjadi salah satu alasan rendahnya keterampilan proses sains siswa. Waktu pembelajaran yang terbatas serta pemanfaatan laboratorium IPA yang kurang optimal menyebabkan keterampilan proses sains siswa kurang berkembang. Oleh sebab itu, peneliti perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing bersarana laboratorium IPA yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berasarana laboratorium IPA terhadap keterampilan proses sains pada materi Listrik Dinamis kelas IX di SMP Negeri 19 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan desain non-equivalent control group design menggunakan duakelas yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalahseluruh siswa kelas IX SMP Negeri 19 Surabaya tahun ajaran 2023/2024. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik purposive sampling. Sampel penelitian merupakan kelas IX I sebagai kelas eksperimen dan kelas IX H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test, perhitungan N-Gain, analisis lembar observasi dan analisis angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dibuktikan dengan kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi yaitu sebesar 78,33 dari pada kelas kontrol yang hanya memperoleh rata-rata sebesar 55,53. Uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan terdapat peningkatan nilai keterampilan proses sains pada kelas eksperimen yang dibuktikan dengan skor N-Gain sebesar 0,57 dengan kategori cukup efektif. Analisis pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa memperoleh kriteria tinggi dengan nilai persentase 75%. Analisis pada lembar angket pada kelas eksperimen memperoleh kategori sangat tinggi dengan nilai persentase 85%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing bersarana laboratorium IPA efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi listrik dinamis kelas IX di SMP Negeri 19 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Febrianti Galuh Kiranafebriantigaluhkiranaputri@gmail.comD0A219004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati L, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunitaainunjariyah@gmail.com0705128601
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Inkuiri
Pendidikan > Metode
Keywords: Efektivitas pembelajaran ipa; model pembelajaran; inkuiri terbimbing; sarana laboratorium ipa; keterampilan proses sains
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Febrianti Galuh Kirana Putri
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:16
Last Modified: 27 Feb 2024 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68600

Actions (login required)

View Item View Item