Pengorganisasian perempuan muslimat dalam membangun perilaku hidup sehat di Dusun Balong Desa Jegreg Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maudiyyah, Luthfi (2024) Pengorganisasian perempuan muslimat dalam membangun perilaku hidup sehat di Dusun Balong Desa Jegreg Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luthfi Maudiyyah_04020220042 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Luthfi Maudiyyah_04020220042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengorganisaisian ini memiliki tujuan guna mewujudkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup sehat serta mengusahakan preventif dan kuratif. Berikut ini fokus masalah yang telah dirumuskan.: 1). Bagaimana kondisi kesehatan masyarakat di Dusun Balong, Desa Jegreg, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan.?. 2). Bagaimanakah strategi yang tepat dalam pengorgaanisasian perempuan muslimat untuk membangun perilaku hidup sehat di Dusun Balong Desa Jegreg Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan.?. 3). Bagaimanakah tingkat keberhasilan atau perubahan sosial dalam pengorganisasian perempuan muslimat di Dusun Balong Desa Jegreg Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan.?. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah menggunakan pendekatan PAR (Participatory Action Research). Metode ini dibuat untuk mengkonsep sebuah change pada prosesnya. Langkah pertama, menciptakan trust pada masyarakat. Langkah kedua, menetapkan teknik yang akan digunakan bersama dengan masyarakat serta localleders. Langkah ketiga, menciptakan kesepakatan mufakat bersama dengan masyarakat hingga mencapai tujuan dari perencanaan aksi. Hasil pengorganisasian yang dipakai ialah.: 1). Munculnya kesadaran, pemahaman, serta penerapan pada masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup sehat dan cegah penyakit tidak menular 2). Terbentuknya kelompok peduli kesehatan sebagai support system bagi posyandu dan adanya inisiatif warga menanam dan memanfaatkan tanaman herbal 3). Adanya hasil usulan kebijakan atau keputusan dari pemerintahan Desa atau Dusun untuk keberlangsungan program kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maudiyyah, Luthfimaudiyyahluthfi847@gmail.com04020220042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pengorganisasian masyarakat; kesehatan masyarakat; perempuan muslimat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Luthfi Maudiyyah
Date Deposited: 26 Feb 2024 06:47
Last Modified: 26 Feb 2024 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68605

Actions (login required)

View Item View Item