Livelihood dynamic analysis usaha tani paprika di desa Tlogosari kecamatan Tutur kabupatan Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Yuga Permana (2024) Livelihood dynamic analysis usaha tani paprika di desa Tlogosari kecamatan Tutur kabupatan Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuga Permana Putra_G91218101.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Yuga Permana Putra_G91218101_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 February 2027.

Download (26MB)

Abstract

Livelihood Dynamic Analysis merupakan topik yang relavan dan menarik untuk diteliti. Topik tersebut terbagi menjadi tiga komponen, yaitu sustainable livelihood frame work, meta capability framework, dan diamond strategy. Aspek-aspek terebut dapat digunakan untuk memperbaiki ataupun meningkatkan profitabilitas usaha tani paprika serta peningkatan perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dengan cara apa dan bagaimana masyarakat desa merespon serta beradaptasi dengan keterbatasan dan kerentanan yang dihadapi untuk mengupayakan peningkatan kesejahteraan dalam kajian Livelihood Dynamic Analysis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di Desa Tlogosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan dengan 34 informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kerentanan yang dihadapi oleh pengusaha tani paprika adalah faktor seasonality (musiman) dan trends (kecenderungan dalam aspek keuangan). Respon pengusaha tani terhadap kerentanan, yakni memaksimalkan aset, memanfaatkan tranformasi proses dan struktur, serta menciptakan strategi. Sedangkan strategi yang digunakan oleh pengusaha tani, yaitu intensifikasi, ekstetensifikasi, dan empat indikator diamond strategy. Saran dari penelitian ini diharapkan pemerintah setempat menciptakan program bantuan modal keuangan dan program pelatihan bidang pertanian secara continue, diharapkan pengusaha tani meciptakan sistem menabung bersama (arisan) dan mengikuti program YESS, serta diharapkan pihak akademisi mampu menyumbangsih wawasan maupun ilmu pengetahuan melalui penelitian yang dikerjakan untuk mengembangkan pembangunan perekonomian masyarakat, terutama dengan menggunakan kajian dari livelihood dynamic analysis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Yuga Permanayugapermana222@gmail.comG91218101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Keywords: Livelihood dynamic analysis; sustainable livelihood frame work; meta capability framework; diamond strategy; usaha tani paprika
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Yuga Permana Putra
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:56
Last Modified: 29 Feb 2024 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68610

Actions (login required)

View Item View Item