Pandangan dosen dan mahasiswa tentang hidup zuhud: fakultas Ushuluddin dan Filsafat UINSA Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huseini, Huseini (2023) Pandangan dosen dan mahasiswa tentang hidup zuhud: fakultas Ushuluddin dan Filsafat UINSA Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Huseini_E97217058.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Huseini_E97217058_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 February 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi konsep Zuhud dalam perspektif tasawuf, mendalaminya sebagai upaya manusia untuk menjauhi dunia demi fokus pada akhirat. Zuhud, dalam visi Sufi, dianggap sebagai maqam yang menentukan, membentuk sikap para Sufi terhadap dunia sebagai sesuatu yang sementara. Hal ini dilihat sebagai usaha untuk menghindari godaan dunia yang dapat memisahkan diri dari Tuhan. Penelitian menghubungkan konsep Zuhud dengan potensi manusia yang tertarik pada kesenangan dunia yang bersifat sementara, menyebabkan lemahnya keilmuan dan kepercayaan. Selain itu, kegelisahan hidup, seperti takut kehilangan harta dan jabatan, trauma masa depan yang tidak pasti, kecewa terhadap hasil pekerjaan, serta hilangnya rasa bersalah, mendorong manusia untuk menguasai dunia dan dapat mengakibatkan gangguan jiwa. Al-Ghazali, tokoh tasawuf terkemuka, menawarkan solusi dengan konsep Zuhud sebagai 'berpaling dari ketidak sukaan terhadap sesuatu yang lebih jauh baik darinya'. Skripsi juga membahas relevansi Zuhud dalam lingkungan kampus UINSA Surabaya, mengidentifikasi idelaisme mahasiswa dalam menghadapi pandangan materialistis, serta mengatasi pergeseran nilai budaya kultural akibat modernisasi. Penelitian ini mencermati pentingnya dimensi spiritual dan agama sebagai pondasi hidup di era modern, khususnya di lingkungan akademis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huseini, Huseinie97217058@uinsby.ac.ide97217058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Islam
Tasawuf
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Zuhud; tasawuf; maqam; dimensi spiritual; agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Huseiinii Huseiinii Huseiinii
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:45
Last Modified: 29 Feb 2024 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68618

Actions (login required)

View Item View Item