Analisis kualitas pelayanan menggunakan metode servqual pada BAZNAS Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

zahrousshofi, uyun (2023) Analisis kualitas pelayanan menggunakan metode servqual pada BAZNAS Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uyun Zahrousshofi_04030420055.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Uyun Zahrousshofi_04030420055_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan sesuatu yang terdapat perbedaan antara kenyataan dan harapan para pelanggan atas layanan yang diperoleh. Kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen harus berfungsi untuk lebih memberikan kepuasan yang maksimal, oleh karena itu dalam rangka memberikan pelayanan harus dilakukan sesuai dengan fungsi pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan kualitas menggunakan servqual sebagai metodenya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana penerapan kualitas pelayanan yang ada pada BAZNAS Kota Surabaya dan bagaimana analisis penerapan kualitas pelayanan dalam perspektif metode servqual. Peneliti menggunakan metode kualitatif sebagai pendekatan penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan hasil transkrip data wawancara, wawancara, kemudian dokumentasi berupa bukti yang sesuai dengan data mengenai hal yang berupa transkrip, buku dan berupa foto. Teknik validasi data menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan klien penerapan kualitas pelayanan menggunakan metode servqual dapat dilakukan dengan menerapkan lima elemen penting dari metode service quality yakni tangibels (bukti fisik), reliability (kemampuan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (kepedulian).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
zahrousshofi, uyunuyunzahro25@gmail.com04030420055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorarifin, aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Pemasaran
Sumber Daya Manusia
Keywords: Kualitas pelayanan; metode servqual
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Uyun Zahrousshofi
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:00
Last Modified: 29 Feb 2024 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68628

Actions (login required)

View Item View Item